PERAN SUAMI DALAM MEMPERCEPAT PROSES PERSALINAN ISTRI

Main Article Content

Novria Hesti
Zulfita

Abstract

Latar Belakang : Pendampingan suami saat persalinan mempunyai peranan penting bagi ibu karena dapat mempengaruhi psikologis ibu. Kondisi psikologis yang nyaman, rileks dan tenang dapat terbentuk melalui dukungan kasih sayang keluarga. Kelurahan Anduring merupakan salah satu kelurahan yang ada di wilayah kerja Puskesmas Ambacang. Saat ini di Kelurahan Anduring terdapat 37 orang ibu hamil. Permasalahan di kelurahan Anduring saat ini adalah belum ada kelompok khusus suami peduli istri sendiri dimana kelompok ini mempunyai peran penting dalam pross persalinan ibu. Tujuan program ini adalah membentuk kelompok suami peduli istri sendiri, memberikan pelatihan pada kelompok suami dan  peningkatan pengetahuan suami tentang peran suami mempercepat proses persalinan istri.


Metode : Pembentukan kelompok suami peduli istri sendiri, identifikasi kebutuhan melalui pengumpulan data dan observasi, perancangan kegiatan melalui persiapan dan inisiasi. Pada tahap implementasi kegiatan yang dilakukan adalah pengenalan antar anggota kelompok, pelatihan yang dilakukan langsung kepada suami, pembimbingan dan sosialisasi kepada kelompok suami. Evaluasi pelaksanaan program berkelanjutan dengan pengisian kuisioner dan pembuatan video.


Hasil: Terlaksananya pemberian informasi dan adanya panduan praktis serta praktek langsung peran suami saat mendampingi istri melahirkan. Terbentuknya kelompok  Suami Peduli Istri Sendiri yang dilanjutkan melalui Aplikasi WhatsApp Grup, sehingga kesehatan Ibu hamil bisa dipantau bersama.

Article Details

Section
Articles

References

Badan Pusat Satistik Kota Padang. (2018). Kecamatan Kuranji dalam Angka. BPS.
Hidayati, T., & Ulfah, M. (2019). Pengaruh Dukungan Keluarga (Suami) Dengan Lama Persalinan Kala II. Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 1(1), 8.
Laila, Irma, Nur, N. F. (2015). Pendampingan Suami Terhadap Kelancaran Proses Persalinan di BPM Arifin S Surabaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol 8, No, 22–28.
Maryumi, A. (2015). Nyeri dalam persalinan, Teknik dan cara penanganannya. TIM. Palifiana, D. A., & Jati, R. K. (2019). Optimalisasi Peran Suami Sebagai Persiapan Pendamping Persalinan Melalui Prenatal Couple Yoga Di Wilayah Yogyakarta Tahun 2018. Avicenna : Journal of Health Research, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.36419/avicenna.v2i1.254
Primasnia Pevi, Wagiyo, E. (2013). Hubungan Pendampingan Suami dengan Tingkat Kecemasan Ibu Primigravida dalam mengahadapi Proses Persalinan Kala I. 212–216.
Setyowati, W., & Mursini, M. (2017). Hubungan Pendampingan Keluarga Dengan Lama Proses Persalinan Kala I Di Puskesmas Karangdoro Kota Semarang. Jurnal Kebidanan, 6(2), 74. https://doi.org/10.26714/jk.6.2.2017.74-79
Simpkin, Penny dan Ancheta, R. (2013). Kehamilan, Melahirkan dan Bayi. (Edisi Revi). Arcan.