PEMANTAUAN TUMBUH KEMBANG BALITA MELALUI KELAS BALITA DENGAN PIJAT BAYI

Main Article Content

Dewi Susilawati
Nila Eza Fitria
Aida Minropa
Nur Leny

Abstract

Latar Belakang : Kelas Ibu Balita dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian pada balita. Hasil wawancara dengan wakil pimpinan Klinik MERCUBAKTIJAYA bahwa klinik belum memiliki kelas ibu balita, sementara itu salah satu pelayanan yang diberikan di klinik ini adalah Kesehatan Ibu dan Anak. Tujuan kegiatan ini adalah pembentukan kelas ibu balita sebagai upaya pemantauan dan peningkatan tumbuh kembang bayi atau balita dengan cara mengajari ibu teknik pijat bayi.


Metode : Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 16 Januari 2021 di Klinik MERCUBAKTIJAYA dengan jumlah sasaran adalah 5 orang ibu beserta anak yang berusia 0-2 tahun. Kegiatan ini diawali dengan pengukuran tumbuh kembang anak, dilanjutkan dengan pemberian materi tentang pijat bayi kemudian diakhiri dengan mengajari ibu teknik-teknik pijat bayi.


Hasil: Berdasarkan pemeriksaan status gizi (BB/TB) dari 5 balita, 3 orang  memiliki status gizi normal dan 2 orang memiliki status gizi kurus. Sebelum diberikan edukasi tentang pijat bayi didapatkan dari 5 orang ibu balita 1 orang menjawab semua pertanyaan dengan benar dan setelah diberikan edukasi tentang pijat bayi didapatkan dari 5 orang ibu balita 3 orang menjawab semua pertanyaan dengan benar.

Article Details

Section
Articles

References

Departemen Kesehatan RI. (2011). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Balita. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.
Dinas Kesehatan Kota Padang. (2019). Profil Kesehatan. Padang : Dinas Kesehatan Kota Padang.
Elfi, Lisnawati, & Yuhandini, D. S. (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Pijat Bayi pada Kader Posyandu dan Ibu hamil Trimester III di Puskesmas Majasem Kota Cirebon Tahun 2018. EMASS : Edukasi Masyarakat Sehat Sejahtera, 1(1), 1–6.
Herliani, Y., Rohmatin, E., & Diana, H. (2018). Pemberdayaan Ibu Balita Dalam Kegiatan Kelas Ibu Balita Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemantauan Tumbuh Kembang Anak. Prosiding Seminar Nasional Dan Diseminasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Riset, April, 38–41.
Pusat Badan Statistik. (2018). Profil Kesehatan Anak Indonesia Tahun 2018. In Kemnetrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Rija, M., Helti, & Hasibuan, S. S. (2020). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Pijat Bayi dengan Kualitas Tidur Bayi Usmur 0-6 Bulan di Sekolah Emak Medan Tahun 2019. Al Ulum Seri Saintek, VIII(2), 63–69.
Vicente, S., Veríssimo, M., & Diniz, E. (2017). Infant massage improves attitudes toward childbearing, maternal satisfaction and pleasure in parenting. Infant Behavior and Development, 49(10), 114–119. https://doi.org/10.1016/j.infbeh.2017.08.006