PELAKSANAAN WEBINAR MENTAL HEALTH PADA MAHASISWA JURUSAN KEBIDANAN

Main Article Content

Sukma Adnyani
Anggreny Gita Loka

Abstract

Latar Belakang:Pandemi COVID-19 saat ini sedang banyak dibicarakan dan menimbulkan berbagai macam dampak termasuk dalam pembelajaran daring. Kesenangan pembelajaran daring hanya dirasakan diawal saja, selebihnya rasa bosan, malas sebagapi pemicu stres muncul sampai akhirnya muncul masalah lainnya yang dapat berdampak pada kesehatan mental. Kuesioner awal yang diberikan pada 26 siswa kebidanan terdapat


Metode: Sasaran pengabidan ini adalah mahasiswa DIII kebidanan sejumlah 26 orang. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan PKM ini dengan mengadakan webinar terkait Mental health pada mahasiswa dan pemberian kuesioner post test dengan menilai aspek pengetahuan dan tingkat stress yang dirasakan mahasiswa selama menjalani pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19.


Hasil:. Selain melihat dari sisi akademik siswa adanya pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk webinar mental health ini  diharapkan adanya perhatian khusus terhadap mahasiswa khususnya terkait kesehatan mental saat pembelajaran daring pada saat pandemi serta untuk kegiatan selanjutnya adanya pembinaan tutor teman sebaya guna memfasilitasi mahasiswa yang memiliki kendala selama pembelajaran daring.


 


 

Article Details

Section
Articles

References

Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Hasanah et al (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 ; Jurnal Keperawatan Jiwa, 8 (3), 299-306
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1).
Putri Ayu Fitria,dkk (2020). Dampak Pembelajaran daring terhadap kesehatan Mental Mahasiswa Semester Awal. Jurnal Riset Kesehatan Nasional,Voluem 4(2), hal 60-66.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128–135.
Sukma Adnyani, N., & Krisda Elvina, V. (2021). Jurnal Kependidikan?: Analisis SWOT Pembelajaran Daring Mahasiswa Kebidanan Pada Masa Pandemi Covid-19 Prodi DIII Kebidanan Politeknik Kesehatan Kartini Bali * Corresponding Author . Email?: sukmaadnyani@gmail.com Jurnal Kependidikan?: Pendahuluan Pandemi, 7(2), 437–445.