PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA ANAK USIA DINI
Main Article Content
Abstract
Latar Belakang: Tulisan ini menerangkan tentang media gambar dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila yang meliputi nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuaan, kerakyatan, dan keadilan, merupakan salah satu media pemelajaran yang efektif, karena dengan gambar anak lebih mudah memahami apa yang terkandung pada gambar tersebut.
Metode: Artikel ini telah diulas menggunakan pendekaatan dengan menganalisis berbagai referensi baik dari buku maupun artikel jurnal. Pembelajaaran ini menggunakan metode Picture and Picture, yaitu suatu model pembelajaran menggunakan media gambar yang diurutkan secara logis, jadi dalam metode ini gambar-gambarlah yang menjadi faktor utama dalam proses pembelajaran. Sehingga sebelum proses pembelajaran guru harus sudah menyiapkan gambar yang akan diberikan kepada anak. Dengan menggunakan metode ini anak akan merasa senang dalam melaksanakan pembelajarnnya, dan menganggap bahwa hanya gurulah yang berperan sebagai aktor dikehidupannya dan seolah-olah gurulah sebagai satu-satunya sumber dalam belajar.
Hasil: Hasil dari penerapan media gambar pada anak usia dini yaitu meningkatkan konsentrasi belajar pada anak, anak lebih fokus pada indra penglihatannya, berkembangnya imajinasi pada anak, membentuk watak dan karakter anak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi:
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676.
Malini, N. K. S., & Suarni, N. K. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Picture and
Picture melalui Media Gambar untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara
pada Anak Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).
Mudin, MI, Ahmad, A., & Rohman, A. (2021). Potensi Bawaan Manusia: Studi Banding
Teori Tabularasa dan Konsep Alam. Analisis: Jurnal Kajian Islam , 21 (2), 231-
252.
Mundziroh, S., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis
Cerita dengan Menggunakan Metode Picture and Picture pada Siswa Sekolah
Dasar. Basastra, 1(2), 318-327.
Trisnawati, N. N. L., Suarni, N. K., & Agung, A. A. G. (2014). Penerapan Metode Picture
and Picture dengan Media Cerita Gambar Berseri untuk Meningkatkan
Perkembangan Bahasa Pada Anak Kelompok A di Tk Dirgantara Buruan
Kabupaten Tabanan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1