DETEKSI DINI GANGGUAN BAHASA WICARA PASCA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK

Penulis

  • Yuli Afmi Ropita Sari Prodi D III Terapi Wicara/STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang
  • Ilham Akerda Edyyul Prodi D III Terapi Wicara/STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang
  • Rahmi Khalida Prodi D III Terapi Wicara/STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang
  • Virgina Fatma Chania Prodi D III Terapi Wicara/STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang
  • Fairuz Salvia Putri Prodi D III Terapi Wicara/STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang
  • Rizky Rosinta Prodi D III Terapi Wicara/STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang

DOI:

https://doi.org/10.36984/jam.v2i2.342

Kata Kunci:

Deteksi dini, bahasa dan bicara, pasca pandemic covid

Abstrak

Latar belakang: Masalah gangguan Bahasa dan wicara sering ditemukan pada anak usai dini yang bersekolah di taman kanak-kanak. Kurangnya  informasi kepada guru dan orangtua  mengenai cara deteksi dini gangguan Bahasa wicara kepada anak-anak. Selain itu pasca pandemic covid membuat orangtua sibuk dengan hal yang lain dan tidak memperhatikan perkembangan anaknya. Sehingga, masalah ini semakin berkembang kearah yang lebih kompleks ketika tidak di deteksi sejak dini

Metode: Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan deteksi dini gangguan Bahasa dan wicara kepada sejumlah anak-anak yang bersekolah di taman kanak -kanak tersebut.

Hasil: Dalam kegiatan ini terlaksananya deteksi dini gangguan Bahasa dan wicara pada anak-anak sekolah taman kanak-kanak. Pada deteksi ini juga didapatkan data anak-anak yang mengelami masalah gangguan Bahasa dan wicara. Dan merumuskan program untuk anak-anak yang mengalami masalah gangguan Bahasa wicara pada pasca pandemic covid.

Diterbitkan

2022-12-30