LAYANAN PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN EDUKASI ACTIVITY DAILY LIVING PADA ANAK DISABILITAS
Main Article Content
Abstract
Latar Belakang: Pemeriksaan kesehatan dilakukan adalah salah satu bentuk layanan kepada disabilitas. Permasalahan yang terjadi di lapangan siswa disabilitas belum mendapatkan pemeriksaan dan edukasi kesehatan.
Metode: Kegiatan ini dilakukan di SLB Mitra Ananda Padang. Pengabdian kepada masyarakat dibagi pada tiga (3) tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap pelaksaan dilakukan pemeriksaan kepada 15 siswa. Kemudian edukasi activity daily living cara mencuci tangan dengan benar kepada siswa.
Hasil: Dalam kegiatan ini sebanyak 15 siswa mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan edukasi activity daily living tentang cara mencuci tangan dengan benar. Sehingga layanan kesehatan kepada disabilitas dapat terpenuhi secara optimal.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Ernawati, A. dwi (2010) ‘Modul SkillabA jilid 1?: Ketrampilan Medik PPD Unsoed’, 1, pp. 1–7. Available at: http://fk.unsoed.ac.id/sites/default/files/img/modul labskill/modul ganjil II/Ganjil II - Pemeriksaasn GCS dan PCS.pdf.
Mubasyaroh (2015) ‘Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas Dan Anak Berkesulitan Belajar; Analisis Penanganan Berbasis Bimbingan Konseling Islam’, Elementary, 3(2), p. 257.
Notoadmodjo, Soekidjo (2010) 'Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasinya', PT Rineka Cipta : Jakarta.
Oktaviani, I. and Lestari, M. (2020) ‘Pemeriksaan Tumbuh Kembang Balita Di Posyandu Desa Kadu Madang Pandeglang’, Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu), 2(0), p. 2020.
Shabariah, R, Farsida & Parameswari, I. (2016). Hubungan Ukuran Lingkar Kepala dengan Perkembangan Anak Usia 12 - 36 Bulan Berdasarkan Skala Denver Development Screening Test-II (DDST-II) di Posyandu RW 03 Mustika Jaya Bekasi Timur November 2016. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 1(15), 46-55.