PEMERIKSAAN KEMAMPUAN PRELINGUISTIC PADA KLIEN AUTISM SPECTRUM DISORDER DI KLINIK YAMET CDC CABANG PADANG

Main Article Content

Rahmi Khalida
Aida Minropa
Firdaus
Bardan Wijaya
Dwi Cinta Maizaki
Anggita Octafrina Br Barus

Abstract

Latar Belakang: Pada dasarnya anak-anak autis sering menunjukkan perkembangan yang lebih lambat dibandingkan dengan anak normal. Pemeriksaaan Prelinguistic Scale memiliki tujuan untuk mengidentifikasi kemampuan-kemampuan prasyarat pembelajaran bahasa. Hal ini akan menjadi modalitas seorang anak untuk mengembangkan bahasanya hingga lancar dalam berkomunikasi dengan lawan bicaranya. Adapun aspek penilaian yang akan dilakukan yaitu yang berkaitan tentang responding joint attention, initiation joint attention, gesture nonverbal, nonverbal intention communication, verbal imitation, motor imitation, symbolic play. Autism Spectrum Disorder adalah kondisi neurodevelopmental yang ditandai dengan kesulitan dalam komunikasi dan interaksi sosial, bersama dengan perilaku terbatas dan repetitive.


Metode: Kegiatan ini dilaksanakan dengan tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Sasaran pada kegiatan ini adalah siswa Autism Spectrum Disorder yang mengikuti terapi di Klinik Yamet CDC cabang Padang sebanyak 20 orang. Adapun kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2023.


Hasil: Hasil kegiatan pemeriksaan ini dapat dijadikan data sebagai perencanaan program terapi bagi siswa Autism Spectrum Disorder. Diharapkan dengan adanya program tersebut akan melatih modalitas anak dan meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi.

Article Details

Section
Articles

References

Flusberg, H. T. (2000). Language and understanding minds: connections in autism. In Baron-CohenS.H. Tager-FlusbergCohenD. (Eds.), Understanding other minds: Perspectives from developmental cognitive neuroscience, 124–149.

Hendriks, P. K.-H. (2017). Narrative production in children with autism spectrum disorder (ASD) and children with attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD). Similarities and differences Journal of Abnormal Psychology 126 (1), 63-75.

Hodges H, F. C. (2020). Autism spectrum disorder: definition, epidemiology, causes, and clinical evaluation. Transl Pediatri, (Suppl 1):S55-S65. doi: 10.21037/tp.2019.09.09. PMID: 32206584; PMCID: PMC7082249.

J Kaori Ohashi, P. M.-T. (2012). Comparing early language development in monolingual- and bilingual- exposed young children with autism spectrum disorders. Research in Autism Spectrum Disorders, 6 (2) ISSN 1750-9467, 890-897.

Johnson, C. N. (2021). Cognitive correlates of autism spectrum disorder symptoms. Autism Research, 14(11), 2405–2411. https://doi.org/10.1002/aur.2577.

Mansur, A. R. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Pra Sekolah. Padang: APPTI.

Manual, A. P. (2013). The Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder, 5th Edition (DSM-V). United State: American Psychiatric Publishing.

Tsimpli, I. M. (2017). Syntactic and Story Structure Complexity in the Narratives of High- and Low-Language Ability Children with Autism Spectrum Disorder. Frontiers in Psychology, 10.3389/fpsyg.2017.0202729209258.