EDUKASI STIMULASI TUMBUH KEMBANG BAYI DAN DEMONSTRASI PERAWATAN METODE KANGGURU PADA IBU NIFAS

Main Article Content

Dian Furwasyih
Novria Hesti
Pebri Zumeri
Widya Zalmawita

Abstract

Latar Belakang: Selama perawatan ada berbagai macam asuhan yang harus diberikan pada ibu nifas sesuai dengan kebijakan nasional kunjungan masa nifas dimana salah satu yang paling penting termasuk edukasi tentang stimulasi tumbuh kembang bayi dan perawatan metode kangguru. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan tentang stimulasi tumbuh kembang bayi dan keterampilan ibu nifas tentang perawatan metode kangguru.


Metode: Kegiatan pengabdian kepada masayarakat dilakukan dengan memberikan edukasi stimulasi tumbuh kembang bayi dan demonstrasi metode kangguru pada ibu nifas di ruang rawatan nifas Bougenville dan Melati RSIA Mutiara Bunda mulai dari tanggal 11 s/d 25 Desember 2023 pada 24 orang ibu nifas yang dirawat di ruangan tersebut selama rentang waktu kegiatan.


Hasil: Kegiatan edukasi kesehatan tentang stimulasi tumbuh kembang bayi dan demonstrasi perawatan metode kangguru yang telah dilakukan memberi manfaat berupa peningkatan pengetahuan ibu tentang masalah yang dibahas dan ibu dapat mendemonstrasikan prosedur yang dilakukan dengan baik. Adanya peningkatan rata – rata skor pengetahuan ibu dari 2,5 menjadi 7,7 pada tahap 1 materi edukasi stimulasi tumbuh kembang bayi, dan 2,3 menjadi 7,8 pada tahap 2 materi edukasi demonstrasi perawatan metode kangguru. Direkomendasikan agar kegiatan ini menjadi kegiatan rutin di ruang rawatan nifas khususnya sehingga dapat membantu kesiapan ibu dan pasangan untuk menjadi orang tua dengan lebih positif.

Article Details

Section
Articles

References

Furwasyih, Dian;, Arifin, Y., & Ketti, F. (2021). Psikologi dalam Praktik Kebidanan. Trans Info Media, Jakarta.

Furwasyih, Dian, & Melinda, C. (2020). Perempuan. Ellunar Publisher.

IDAI. (2013). Perawatan Metode Kanguru (PMK) Meningkatkan Pemberian ASI. In Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Nurul Abidah, S., & Novianti, H. (2020). Pengaruh Edukasi Stimulasi Tumbuh Kembang terhadap Kemampuan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun oleh Orangtua. Poltekita?: Jurnal Ilmu Kesehatan, 14(2), 89–93. https://doi.org/10.33860/jik.v14i2.132

Promosi Kesehatan Universitas Andalas. (2023). Merawat Bayi Metode Kangguru.

Puspita, L., Umar, M. Y., Wardani, P. K., & Kumalasari, D. (2019). Edukasi Orang Tua Tentang Stimulasi Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Balita Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu (Vol. 1, Issue 1).

RSIA Mutiara Bunda. (2023a). Data Persalinan RSIA Mutiara Bunda (Ketua Unit IGD/PONEK).

RSIA Mutiara Bunda. (2023b). Survei Awal (Data Primer).