EDUKASI PERSONAL HYGIENE PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN MANAJEMEN EMOSI GURU DI SLB AUTISMA YPPA PADANG

Penulis

  • Guslinda Guslinda Universitas Mercubaktijaya
  • Yola Yolanda Universitas Mercubaktijaya
  • Rahmi Khalida Universitas Mercubaktijaya
  • Annisa Universitas Mercubaktijaya
  • Melfa Dila Putri Universitas Mercubaktijaya
  • Firdiata Tazquilla Soxach Gaba Universitas Mercubaktijaya
  • Fitrah Tulummi Suza Universitas Mercubaktijaya
  • Mutiara Fitriani Universitas Mercubaktijaya
  • Gusta Randiva Universitas Mercubaktijaya

DOI:

https://doi.org/10.36984/jam.v4i2.534

Kata Kunci:

Anak Berkebutuhan Khusus, Guru, Manajemen Emosi, Personal Hygiene

Abstrak

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki keterbatasan fisik, mental dan perilaku, hal ini menyebabkan kesulitan dalam melakukan personal hygiene dikehidupan sehari-hari, ada sebanyak 64 anak berkebutuhan khusus di SLB Autisma YPPA Padang, hampir semua anak tidak mampu melakukan personal hygiene secara mandiri, pemenuhan kebutuhan dilakukan oleh orang tua dan guru. Hal ini menyebabkan beban guru disekolah menjadi tinggi, sehingga membuat guru menjadi stres dan kesulitan dalam mengendalikan emosi. Untuk mengatasinya diadakan edukasi personal hygiene kepada guru yang bertujuan untuk meningkatkan personal hygiene  anak berkebutuhan khusus dengan mengajarkan teknik mencuci tangan dengan benar dan manajemen emosi dengan mengajarkan terapi Hipnotis Lima Jari yang bertujuan mengontrol emosi guru.

Referensi

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. MASALIQ, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83

Ganto. (2020). Retrieved October 02, 2020, from https://www.ganto.co/berita/2654/mahyeldi-kota-padang-kota-peduli- disabilitas.html.

Ghanesia, H., Shifa, N. A., & Sarwili, I. (2022). Edukasi Hipnotis Lima Jari dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Saga Komunitas, 1(4), 107–110. https://doi.org/10.53801/JPMSK.V1I4.56

Laily, I. dan S. A. (2012). Personal hygiene, konsep proses dan aplikasi dalam praktek keperawatan. Yogyakarta?: Graha Ilmu.

Mawarti, I. (2021). Hipnotis lima jari pada klien ansietas. 000.

Purwanto, Y., & Mulyono, R. (2006). Psikologi Marah. PT.Refika Aditama.

Riskesdas. (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018.

Semiawan, C. R. & M. F. (2010). Keluarbiasaan Ganda. Jakarta: Kencana Prenada.

Suparno. (2007). Bahan Ajar Cetak?:Pendididkan Anak Berkebutuhan Khusus. Direktorat Pendidikan Tinggi [Internet] from?: Departemen Pendidikan http://wordpress.com.

Diterbitkan

2024-12-30