PENERAPAN METODA HEALING TOUCH UNTUK MENGATASI STRES GURU DALAM MENGHADAPI TANTRUM PADA ANAK AUTIS DI PKH AUSTISMA YPPA PADANG

Penulis

  • Guslinda Guslinda Universitas Mercubaktijaya
  • Yola Yolanda Universitas Mercubaktijaya
  • Annisa Universitas Mercubaktijaya
  • Afifah Nabila Universitas Mercubaktijaya
  • Melfa Adilla Putri Universitas Mercubaktijaya
  • Tifa Albiqryah Universitas Mercubaktijaya
  • Galuh Maharani Putri Universitas Mercubaktijaya
  • Dina Gustina Putri Universitas Mercubaktijaya

DOI:

https://doi.org/10.36984/jam.v5i1.605

Kata Kunci:

Anak Tantrum, Edukasi, Stres, Cemas, Healing Touch

Abstrak

Latar Belakang: Tidak sebandingnya jumlah guru yang ada dengan siswa yang mengalami  autis. Guru di PKh Autisma YPPA Padang berjumlah 16 orang dengan siswa 52 orang. Perbedaan karekter kepribadian pada anak yang berbeda-beda terutama prilaku tantrum anak autis ketika ada keinginan yang tidak terpenuhi. Inilah yang membuat guru mengalami stres, untuk mengatasinya diadakan edukasi tentang cara menghadapi anak tantrum dan  Healing Touch yang bertujuan untuk  relaksasi,  mengurangi kecemasan dan stres, serta memperbaiki suasana hati.

Metode: Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan melakukan Edukasi tentang cara menghadapi anak tantrum serta melakukan metoda Healing touch Pada guru PKh di SLB Autisma YPPA Padang pada hari senin Tanggal 16 dan selasa tanggal 17 Desember 2024, dimulai dari jam 09.00-12.00 WIB. Peserta adalah guru yang berada SLB Autisma YPPA Padang Pemberian edukasi tentang cara mengatasi anak tantrum, didapatkan peningkatan pengetahuan guru tentang cara menghadapi anak autis tantrum serta terjadi penurunan tingkat stres pada guru.

Hasil:  hasil pengabdian masyarakat Setelah diberikan edukasi tentang cara mengatasi anak tantrum, didapatkan peningkatan pengetahuan guru tentang cara menghadapi anak autis tantrum serta terjadi peningkatan kemampuan melakukan healing touch dan cara mengatasi stres dan cemas pada guru.

Referensi

Astuti, A., Sjattar, E. L., & Saleh, A. (2022). Pengaruh Healing Touch Mengurangi Gejala Nyeri, Mual dan Muntah pada Pasien Kanker: Literatur Review. Jurnal Keperawatan, 14(3), 907–916.

Gras, M., Vallard, A., Brosse, C., Beneton, A., Sotton, S., Guyotat, D., Fournel, P., Daguenet, E., Magné, N., & Morisson, S. (2019). Use of complementary and alternative medicines among cancer patients: a single-center study. Oncology, 97(1), 18–25.

Sari, R. P., & Handayani, A. (2017). Hubungan efikasi diri dan stres kerja pada guru Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang. Proyeksi, 12(2), 53–58.Astuti, A., Sjattar, E. L., & Saleh, A. (2022). Pengaruh Healing Touch Mengurangi Gejala Nyeri, Mual dan Muntah pada Pasien Kanker: Literatur Review. Jurnal Keperawatan, 14(3), 907–916.

Gras, M., Vallard, A., Brosse, C., Beneton, A., Sotton, S., Guyotat, D., Fournel, P., Daguenet, E., Magné, N., & Morisson, S. (2019). Use of complementary and alternative medicines among cancer patients: a single-center study. Oncology, 97(1), 18–25.

Sari, R. P., & Handayani, A. (2017). Hubungan efikasi diri dan stres kerja pada guru Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang. Proyeksi, 12(2), 53–58.

Sawiji, S., Kamelia, K., & Agustin, I. M. (2022a). Pengaruh metode self healing dengan teknik touch healing terhadap kecemasan mahasiswa dalam menghadapi skripsi. Jurnal Keperawatan, 14(S1), 79–86.

Sawiji, S., Kamelia, K., & Agustin, I. M. (2022b). Pengaruh Metode Self Healing dengan Teknik Touch Healing terhadap Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Skripsi. Jurnal Keperawatan, 14(S1), 79–86.

Wahyuningrum, N. I. (2023). PENERAPAN Terapi Healing Touch (Terapi Sentuh) Pada kalangan Lansia Dengan Gangguan Hipertensi DI Desa Kalibangkang, Kecamatan Ayah. PENERAPAN Terapi Healing Touch (Terapi Sentuh) Pada Kalangan Lansia Dengan Gangguan Hipertensi DI Desa Kalibangkang, Kecamatan Ayah, 4(1), 88–100.

Diterbitkan

2025-06-30