GAMBARAN PELAKSANAAN KEGIATAN POSYANDU PADA POSYANDU CENDRAWASIH 1 RW3 RT2 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS IKUR KOTO KOTA PADANG TAHUN 2018

Main Article Content

Etty Aprianti
Yona Firdali Ranti

Abstract

Posyandu  merupakan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh, dari, untuk dan bersama masyarakat. DKK Padang tahun 2016 Puskesmas Ikur Koto memiliki tingkatan strata posyandu yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahuigambaran pelaksanaan kegiatan posyandu Cendrawsih 1 RW3RT2 di Wilayah Kerja Puskesmas Ikur Koto Tahun 2018.


Jenis penelitian menggunakan penelitian mix Methodsyaitu kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini telah dilakukan pada tanggal 08 – 15 Mei  2018. Sumber data berupa Person, Place, dan Paper. Jenis data yaitu data primer dan sekunder. Cara pengumpulan dengan menggunakan panduan wawancara dan alat perekam elektronik. Analisa data menggunakan analisa univariat dan analisa data kualitatif.


Hasil penelitian bahwa nama posyandunya yaitu Cendrawasih 1 dan tidak adanya SK Pendirian Posyandu, struktur organisasi serta tugas dari masing–masing struktur organisasi. Persiapan informasi pelaksanaan posyandu 1 hari sebelum pelaksanaan Posyandu dan persiapan sarana dan prasananya sudah lengkap. Pada pelaksanaan kegiatan posyandu terdapat kurang efektifnya pelaksanaan pada meja ke IV dan Sistem Informasi Posyandu sudah tersusun secara rinci.


Kebijakan, persiapan, pelaksanaan serta Sistem Informasi Posyandu Cendrawasih 1 belum disiapkan dan dilaksanakan secara lengkap, masih ada kekurangannya. Dengan adanya penelitian ini, disarankan kepada tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas untuk dapat memberikan pelatihan kepada kader dan dapat melengkapi segala kekurangan yang ada pada pelaksanaan kegiatan posyandu tersebut.

Article Details

How to Cite
Aprianti, E., & Ranti, Y. F. (2018). GAMBARAN PELAKSANAAN KEGIATAN POSYANDU PADA POSYANDU CENDRAWASIH 1 RW3 RT2 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS IKUR KOTO KOTA PADANG TAHUN 2018. JURNAL KESEHATAN MERCUSUAR, 1(1). Retrieved from http://jurnal.mercubaktijaya.ac.id/index.php/mercusuar/article/view/11
Section
Articles