PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP KECEMASAN PADA ANAK PRA SEKOLAH

Main Article Content

Vivi Syofia Sapardi
Rifka Putri Andayani

Abstract

Sebagian besar anak-anak yang mengalami perawatan di rumah sakit merasakan kecemasan. Masih tingginya angka kesakitan pada anak tentunya akan berdampak terhadap rasa takut dan cemas pada anak jika anak dirawat  di  rumah  sakit.  Untuk mengurangi  kecemasan  pada  anak  dilakukan  terapi  bermain  puzzle. Tujuan penelitian  ini adalah  untuk mengetahui  pengaruh terapi bermain puzzle terhadap kecemasan pada anak pra sekolah (3-6 tahun). Jenis penelitian menggunakan desain penelitian quasi ekperimen dengan menggunakan pendekatan one gruop design. Populasi penelitian adalah seluruh anak pra sekolah yang dirawat di RSUD dr. Rasidin Padang sebanyak 267 orang anak pada tahun 2017 dengan kunjungan pasien rata-rata 22 orang anak pra sekolah  per-bulan  dengan  sampel penelitian  20 orang. Pengumpulan data dilaksanakan  pada bulan Agustus 2018 di RSUD dr. Rasidin Padang. Data dianalisa menggunakan uji statistik T-test dependent. Hasil penelitian menunjukkan rerata nilai kecemasan sebelum diberi terapi puzzle adalah mean 76,2 dan setelah diberi terapi puzzle mean 42,6. Perbedaan kecemasan sebelum dan setelah diberikan terapi puzzle rata-rata selisih kecemasan 33,6 dan standar deviasi 5,758,  p value = 0,000. Diharapkan terapi bermain puzzle dapat diterapkan di rumah sakit dan rumah sakit dapat menyediakan ruangan atau fasilitas untuk bermain pada anak sehingga dapat mengurangi dampak hospitalisasi terhadap anak yang dirawat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sapardi, V. S. ., & Andayani, R. P. (2021). PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP KECEMASAN PADA ANAK PRA SEKOLAH. JURNAL KESEHATAN MERCUSUAR, 4(2), 34–40. https://doi.org/10.36984/jkm.v4i2.240
Section
Articles

References

Afrida, R. N., Hardini, D. S., & Aryanto, P. (2020). Pengaruh Bermain Terapeutik Puzzle terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Pra Sekolah. Khatulistiwa Nursing Journal, 2(2), 1–9.
Aisyah, S., & Yultas, N. S. (2019). Efektifitas Penerapan Metode Bermain dengan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Taman Kanak-Kanak ( TK ) merupakan lembaga pendidikan yang memberikan layanan pendidikan kepada anak usia dini pada rentangan usia 4-6 tahun . Pendidikan a. Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 226–239.
Amaral, G., Bushee, J., Cordani, U. G., KAawashita, K., Reynolds, J. H., Almeida, F. F. M. D. E., de Almeida, F. F. M., Hasui, Y., de Brito Neves, B. B., Fuck, R. A., Oldenzaal, Z., Guida, A., Tchalenko, J. S., Peacock, D. C. P., Sanderson, D. J., Rotevatn, A., Nixon, C. W., Rotevatn, A., Sanderson, D. J., … Junho, M. do C. B. (2013). Buku Saku Keperawatan. In Nurdiana & D. Sulistyanti (Eds.), Journal of Petrology (Vol. 369, Issue 1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Andayani, R. P. (2019). Pengaruh Atraumatic Care: Audiovisual dengan Portabel DVD Terhadap Hospitalisasi pada Anak. Menara Ilmu, XIII(5), 114–121.
Ariyanti, A., & Muslimin, Z. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelas 2 Di SDN 2 Wonotirto Bulu Temanggung. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 58–69.
Baharuddin, S. (2015). Data Kemiskinan Indonesia 2015. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Breving, R. M., Ismanto, A. Y., & Onibala, F. (2015). Pengaruh Penerapan Atraumatic Care terhadap Respon Kecemasan Anak yang Mengalami Hospitalisasi di RSU Pancaran Kasih Gmim Manado dan Rsup Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 3(2).
Fitriani, W., Santi, E., & Rahmayanti, D. (2017). Terapi Bermain Puzzle terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) yang Menjalani Kemoterapi di Ruang Hematologi Onkologi Anak. Dunia Keperawatan, 5(2), 65. https://doi.org/10.20527/dk.v5i2.4107
Ghazali, A., Ngabekti, D. K., & ... (2021). Papan Permainan Puzzle Sebagai Media Pembelajaran Aksara Jawa Pada Anak Usia Dini. Journal of …, 2(1), 34–40.
Haryani, N. S., Kep, S., Arif, N. S., Kep, S., & Kes, M. (2012). Kecemasan pada Anak Usia Prasekolah ( 3-5tahun ) yang Mengalami Hospitalisasi di Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang Katinawati. Karya Ilmiah, 1–6.
Kesehatan, D. (2015). Profil kesehatan 2015. 65.
Kyle, T., & Carman, S. (2017). Essentials of Pediatric Nursing. Wolters Kluwer Health.
Panzilion, Padila, Gita, T., Muhammad, A., & Juli, A. (2020). Perkembangan Motorik Prasekolah antara Intervensi Brain Gym dengan Puzzle. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(Juni), 10.
Santoso, D. A., Haryani, S., & Meikawati, W. (2013). Pengaruh Penerapan Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Perilaku Kooperatif Anak Usia Toodler di RSUD Tugurejo Semarang. Karya Ilmiah STIKES Telogorejo, 2, 1–7.