Strategi Inovasi Semen Padang Hospital Dalam Peningkatan Produk Layanan Pada Masa Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Pandemi COVID-19 telah memengaruhi operasional rumah sakit karena dengan adanya wabah ini menyebabkan penurunan kunjungan pasien rawat jalan maupun rawat inap di rumah sakit, termasuk SPH. Inovasi di sektor publik pada saat ini menjadi sebuah keharusan untuk membuat kesediaan layanan yang semakin mudah, murah, terjangkau, dan merata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi inovasi Semen Padang Hospital dalam peningkatan produk layanan pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif, dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Oktober 2021. Pendekatan kualitatif sebanyak 12 orang dengan indepth interview dan FGD. Adapun pihak tersebut yaitu pihak Yayasan SPH (5 orang), Direktur SPH (1 orang), Manajer Keuangan (1 orang), Manajer Pelayanan Medis (1 orang), Kepala Bagian SDM (1 orang). Hasil penelitian menunjukkan strategi inovasi SPH di masa pandemi COVID-19 mendatangkan kontribusi positif seperti adanya mempromosikan layanan SPH melalui media massa seperti koran, radio, spanduk, dan leaflet. Selain itu, menggunakan telemedicine, drive thru vaccination, booking online, swab PCR/antigen/ antibodi drive thru, MCU on site, dan direncanakan adanya home care dan lain-lain untuk kecepatan dan ketepatan pengiriman layanan. Diharapkan adanya kerjasama antara SPH dengan pemerintah serta dengan lintas sektor terkait guna meningkatkan kualitas produk layanan kesehatan masyarakat khususnya di Kota Padang.
Downloads
Article Details
References
Arviani, H., & Febrianita, R. (2020). E-Health Communication On Instagram Posts: Contents Analysis Of Alodokter. Metacommunication: Journal Of Communication Studies. 23(1), 1-20.
Burhan, F. A. (2020). Virus Corona Masuk Indonesia, Transaksi Halodoc Naik Dua Kali Lipat. Katadata.Co.Id
Fatimah, M. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Aplikasi Halodoc Sebagai Telemedicine Check Covid-19 Dalam Upaya Preventif Penyebaran Virus Corona Di Sleman Yogyakarta. Journal Information.
Heningnurani, AY. 2009. Strategi Pemasaran RSUD H Abdul Manap Kota Jambi. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia (ARSI). Juni 2019. Vol. 5 No. 3. Hal.153-164.
Kotler P, et.al. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Liu, S., Luo, H., Wang, D., Ju, S., & Yang, Y. (2020). Characteristics and Associations with Severity in COVID-19: a multicentre cohort study from Jiangsu province, China. The Lancet.
Putra, PA., & Suryanata, GNP. 2021. Sinergi Halodoc Dalam Mutu Pelayanan Rumah Sakit Di Masa Pandemi Covid 19. E- Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. Vol. 10 No.04, April 2021, pages: 211- 222. e-ISSN: 2337-3067
Semen Padang Hospital. 2020. Laporan Tahunan 2020.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi Di Sektor Publik. STIA-LAN Press : Jakarta
Zagita, T. C., Handayani, P. W., & Budi, N. F. A. (2019). Analysis Of Factors Affecting The Loyalty Of Using Online Health Services: Case Study Of Alodokter. International Conference On Advanced Computer Science And Information Systems, Icacsis 2019. 9(2), 22-45.
Zayyad, M. A., & Toycan, M. (2018). Factors affecting sustainable adoption of e-health technology in developing countries: An exploratory survey of Nigerian hospitals from the perspective of healthcare professionals. PeerJ, 2018(3).