Implementasi Terapi Bermain Flash Card Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Autisme

Main Article Content

Eva Oktaviani
Zuraidah
Susmini
Ibnu Jamaludin

Abstract

Salah satu permasalahan terbesar pada anak autisme adalah gangguan interaksi sosial yaitu individu tidak dapat berkomunikasi secara ekspresif. Interaksi sosial merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Dampak negatif dari terganggunya interaksi sosial adalah frustasi karena anak tidak mampu mengungkapkan keinginan dan perasaannya. Terapi bermain merupakan salah satu pendekatan untuk mengurangi gangguan interaksi sosial tersebut. Media sangat penting untuk membangun motivasi anak dalam belajar dan berkomunikasi. Flash card telah terbukti dapat meningkatkan interaksi sosial anak autisme dengan cara bermain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan anak pada kasus anak autisme yang mengalami gangguan interaksi sosial dengan penerapan terapi bermain flash card. Metode penelitian adalah studi kasus pada dua orang subjek anak autisme dari SLBN Musi Rawas. Terapi bermain flash card dilakukan selama lima hari. Evaluasi subtest bahasa dan interaksi sosial menggunakan instrument ATEC (Autism Treatment Evaluaation Checklist). Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kategori rendah menjadi tinggi untuk kedua subtest pada masing-masing subjek. Skor bahasa pada subjek I yaitu 5 menjadi 10, subjek II skor 8 menjadi 15; subtest interaksi sosial subjek I skor 10 menjadi 31, subjek II skor 11 menjadi 35. Terapi bermain flash card terbukti dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak dengan autisme. Terapi bermain flash card dapat dimasukkan ke dalam salah satu metode pembelajaran di sekolah luar biasa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Oktaviani, E., Zuraidah, Susmini, & Ibnu Jamaludin. (2023). Implementasi Terapi Bermain Flash Card Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Autisme . JURNAL KESEHATAN MERCUSUAR, 6(1), 56–64. https://doi.org/10.36984/jkm.v6i1.373
Section
Articles

References

Amalia, A. P., Widodo, A., & Fis, S. (2019). Pengaruh Neurosensori Reflex Integration dan Applied Behavior Analysis terhadap Peningkatan Sensoris pada Anak Autism Spectrum Disorder (ASD). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Baculu, E. P. H., & Andri, M. (2019). Faktor Risiko Autis Untuk Mengurangi Generasi Autis Anak Indonesia. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 2(1), 5–11.

Chen, Z., & Kuo, L. J. (2017). Language and literacy development among children with autism spectrum disorder. J Child Dev Disord, 3(3), 1–4.

Despalantri, E. (2019). Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Tata Tertib Berwudhu Bagi Anak Dengan Hambatan Intelektual. Jurnal Kesehatan Mercusuar, 2(2).

Ferasinta, F. (2020). Perspektif Orangtua Terkait Kemandirian Anak Autis Pada Aspek Sosial. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, 8(2), 102–106.

Gandhi, L. F. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kosakata Hewan Ternak Pada Anak Autis Di Slb Citra Mulya Mandiri Yogyakarta. Widia Ortodidaktika, 8(8), 770–776.

Hockenberry, M. J., Wilson, D., & Rodgers, C. C. (2021). Wong’s essentials of pediatric nursing-e-book. Elsevier Health Sciences.

Irawan, R. (2019). Gangguan Metabolik Otak pada Autisme dengan Terapi Nutrisi. Airlangga University Press.

Iskandar, S., & Indaryani, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autis Melalui Terapi Bermain Assosiatif. JHeS (Journal of Health Studies), 4(2), 12–18.

Iswar, M., & Efrina, E. (2018). Model Bermain Peran dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Autis.

Jamaris, M. (2018). Anak Berkebutuhan Khusus. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kelana, S. (2022). Dukungan Sosial Keluarga Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Peduli Anak Nagari Kecamatan Akabiluru. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(2), 1–14.

Kemendikbud, P. D. (2020). Statistik Pendidikan Luar Biasa (PLB) 2019/2020.

Kurnianingsih, R. P., & Alfiyanti, D. (2017). Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Autis Berdasarkan Kategori Anak Autis, Usia, Dan Jenis Kelamin (Studi Observasi Pada Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Semarang). Karya Ilmiah, 6(1).

Mirantisa, F. A., Wirman, W., Firdaus, M., & Lestari, S. S. (2021). Komunikasi Terapeutik Berbasis Kartu (Flash Card) Pada Anak Dengan Gangguan Bicara (Speech Delay) Di Eka Hospital Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 5(1), 53–62.

Parung, C. A. L., & Pandjaitan, L. N. (2022). Integrasi Psikoedukasi Dan Flashcards Untuk Melatih Komunikasi Pada Anak Autism Spectrum Disorder. PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi, 11(3).

Sapardi, V. S., & Andayani, R. P. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Kecemasan Pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Kesehatan Mercusuar, 4(2), 34–40.

Sari, D. L., Fau, Y. D., Pradita, A., & Fariz, A. (2022). Pengaruh Pemberian Neurosensorimotor Reflex Integration Pada Perubahan Hiperaktivitas Anak Dengan Autism Spectrum Disorder (ASD). Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 7(1).

Setiawati, D. N. A. E., Winarsunu, T., & Yuniardi, M. S. (2020). Will children with autism make improvements on language skill and social interaction by flashcard?

Siti, A. (2020). Bimbingan dengan metode terapi applied behavior analysis untuk mengembangkan kemampuan interaksi sosial anak autis: Penelitian di Sekolah Luar Biasa Autisma Bunda Bening Selakshahati Cibirubeet Hilir RT 05 RW 13 Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati B.

Sriyanti, L., & Fatwati, U. (2020). The Use of Flashcards to Improve Communication Skills. In The Indonesian Conference on Disability Studies and Inclusive Education, 1, 27–46.

Statistik, B. P. (2020). Indeks pembangunan manusia. Retrieved Februari, 18.

Subiantoro, M. (2018). The role of music therapy in promoting communication and social skills in children with autism spectrum disorder: A Pilot Study. In 3rd ASEAN Conference on Psychology, Counselling, and Humanities (ACPCH 2017) (pp. 65–70). Atlantis Press.

Sundari, F. S., & Supena, A. (2022). Efforts to Teach Social Interaction to Autism Students in Inclusive Elementary Schools. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 1–12.

Suwoyo, S. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Anak Autis Di Sekolah Kebutuhan Khusus Kota Kediri. Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(2), 115–127.

Ulzii, D., Kabot, S., & Reeve, C. (2022). A Comparison of iPad-Assisted and Flash Card-Assisted Instruction for Learners With Autism. Journal of Special Education Technology, 37(2), 203–214.

Yuswatiningsih, E. (2021). Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Autis. Hospital Majapahit (Jurnal Ilmiah Kesehatan Politeknik Kesehatan Majapahit Mojokerto), 13(2), 40–48.

Zohoorian, Z., Zeraatpishe, M., & Matin sadr, N. (2021). Effectiveness of the picture exchange communication system in teaching english vocabulary in children with autism spectrum disorders: A single-subject study. Cogent Education, 8(1),