PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN BERBASIS VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN MENGGOSOK GIGI ANAK USIA PRASEKOLAH
Main Article Content
Abstract
Kesehatan gigi dan mulut merupakan suatu bagian yang integral dari kesehatan manusia yang seutuhnya, sehingga upaya dalam bidang kesehatan gigi akan turut berperan dalam meningkatkan sebuah kualitas dan produktivitas sumber daya manusia. Keterampilan menyikat gigi merupakan kemampuan menyikat gigi secara baik dan benar yang menjadi faktor yang cukup penting dalam perawatan kesehatan gigi dan mulut. Karena perilaku dalam menyikat gigi merupakan faktor dasar dari kebersihan gigi yang dapat menciptakan kebersihan gigi dan mulut. Kebersihan gigi dan mulut dapat menentukan tingkat kesehatan gigi dan mulut seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan berbasis video terhadap keterampilan menggosok gigi anak usia prasekolah. Penelitian ini menggunakan jenis pre-eksperimen dengan menggunakan metode one group pretest and posttest desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid PAUD Pratama yang berjumlah 43 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji statistik paired t-test. Tingkat sebelum diberikan pendidikan kesehatan mayoritas responden yang mengalami tingkat keterampilan menggosok gigi dengan kategori kurang sebanyak 38 orang (88.4 %). Dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan, mayoritas perubahan tingkat keterampilan kategori baik sebanyak 32 orang (74.4%). Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan terhadap keterampilan menggosok gigi pada anak usia prasekolah. Hasil uji statistik paired t-test menunjukkan ada pengaruh terdapat pengaruh pendidikan kesehatan berbasis video terhadap keterampilan menggosok gigi dengan nilai p vaule 0,000 (p<0,05). Saran diharapkan pada peneliti selanjutnya agar dapat dilakukan penelitian lanjutan mengenai pengaruh pendidikan kesehatan terhadap keterampilan menggosok gigi pada anak usia prasekolah.
Downloads
Article Details
References
A.M., Nisa?; Mujito?; S, Winarni. 2019. “Sikap Anak Pra Sekolah Dalam Pemeliharaan Kesehatan Gigi Setelah Edukasi Boneka Tangan Di Kawasan Rawan Bencana.” Jurnal Pendidikan Kesehatan 8(2): 151–157.
Aminah, Siti. 2019. “Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kosakata Pada Anak Usia 4-5 Tahun.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Balitbang Kemenkes RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Indonesia.
Fahri, Muhammad Ullil. 2017. “Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran.” Binus University.
Gofur, N.R.P. 2016. “The Global Burden of Disease Study.”
Hasanuddin, S.H. 2018. “Efektivitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video Dengan Media Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Menggosok Gigi Anak Usia Prasekolah.”
Hidayat, Rachmat. 2016. Kesehatan Gigi Dan Mulut-Apa Yang Sebaiknya Anda Tahu? Penerbit Andi.
J., Harsismanto, Eva Oktavidiati, and Dina Astuti. 2019. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Media Video Dan Poster Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anak Dalam Pencegahan Penyakit Diare.” Jurnal Kesmas Asclepius 1(1).
Kantohe, Zakarias R. 2016. “Perbandingan Efektivitas Pendidikan Kesehatan Gigi Menggunakan Media Video Dan Flip Chart Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak.” Jurnal Ilmiah Kedokteran Gigi 4(2).
Khasanah, Nopi Nur, Herry Susanto, and Weny Feftiana Rahayu. 2019. “Gambaran Kesehatan Gigi Dan Mulut Serta Perilaku Menggosok Gigi Anak Usia Sekolah.” Jurnal Ilmiah STIKes Kendal 9 Nomor 4.
Lestari, Dea Saputri. 2019. “Hubungan Peran Orang Tua Dalam Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Karies Gigi Anak TK Dan PAUD Bunda Palembang.” Poltekkes Kemenkes Palembang.
Norfai, Norfai, and Eddy Rahman. 2017. “Hubungan Pengetahuan Dan Kebiasaan Menggosok Gigi Dengan Kejadian Karies Gigi Di SDI Darul Mu’minin Kota Banjarmasin Tahun 2017.” Dinamika Kesehatan 8(1): 2.
Nurafifah, Dian. 2016. “Media Audio Visual Dan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Menggosok Gigi Pada Anak Pra Sekolah.” Surya 8(2): 1–5.
Parlindungan, Doby Putro, Galang Pakarti Mahardika, and Dita Yulinar. 2020. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di SD Islam An-Nuriyah.” Jurnal UMJ.
Putu Rida, Epriana. 2020. “Efektivitas Penyuluhan Metode Perabaan Model Rahang Dan Metode Pendampingan Terhadap Keterampilan Menggosok Gigi Pada Tunanetra.” Poltekkes Kemenkes Semarang.
Rahayu, Reny Dwy. 2017. “Pengaruh Penggunaan Video Kartun Mencampur Warna Terhadap Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B Di TK Terpadu Al-Hidayah II Ds. Bakung Kec. Udanawu Kab. Blitar.” Universitas Negeri Surabaya.
Salmiah, Siti. 2020. Medan Menanti Wali Kota Yang Peduli Kesehatan Gigi.
Santosa, Santosa. 2018. Statistika Hospitalitas. Cetakan Pe. Yogyakarta: Deepublish.
Santoso, Singgih. 2020. Panduan Lengkap SPSS 26. Jakarta: PT Elex Media Koputindo.
Setyawan, Idang. 2015. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video Terhadap Kemampuan Menggosok Gigi Anak Prasekolah Di PAUD Aisiyah Desa Tambaksogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun 2015.” Universitas Harapan Bangsa.
Sukarsih, Sukarsih, Aida Silfia, and Ainun Mardiah. 2022. “Efektivitas Penyuluhan Dengan Media Video Dalam Meningkatkan Pengatahuan Dan Free Plaque Score Pada Murid Tunagrahita Di Slbn 1 Kota Jambi.” Jurnal Bahana Kesehatan Masyarakat 6 Nomor 2.
Talibo, Rizki Safira. 2016. “Hubungan Frekuensi Konsumsi Makanan Kariogenik Dan Kebiasaan Menggosok Gigi Dengan Kejadian Karies Gigi Pada Siswa Kelas Iii Sdn 1 & 2 Sonuo.” e-Journal Keperawatan (e-KP) 4(1): 2.
Yudianto, Arif. 2017. “Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran.” In Sukabumi: Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 234.