PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN
Main Article Content
Abstract
Rumah sakit adalah bagian menyeluruh dari organisasi sosial dan media yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan yang lengkap kepada masyarakat baik kuratif maupun rehabilitatif, dimana pelayanan rumah sakit menjangkau pelayanan keluarga dan lingkungan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di Poli Obgyn sebanyak 167 orang. Jumlah sampel yang akan diteliti adalah 62 orang, tehnik pengambilan sampel dengan accidental sampling. Analisa data dilakukan dengan analisis univariat, bivariat dan multivariat dengan uji regresi logistik. Berdasarkan hasil uji logistik berganda, nilai tabulasi silang antara kepuasan pasien dengan kompetensi teknis OR= 2.568, akses terhadap pelayanan OR= 16.947, efektivitas OR=3.741, efisiensi OR = 23.292, kontinuitas OR = 1.018, keamanan OR= 1.326, hubungan antar manusia OR =7.136 dan kenyamanan OR=8.435. Berdasarkan hasil multivariat semua variabel berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien. Hasil regresi logistik nilai probabilitas menunjukkan bahwa variabel efisiensi paling dominan dengan odds ratio (OR) 23.292 artinya 23 kali mempengaruhi kepuasan pasien. Kesimpulan pada penelitian ini, ada pengaruh kompetensi tehnis, akses terhadap pelayanan, efektifitas, efisiensi, komtinuitas, keamanan, hubungan antar manusia dan kenyamanan terhadapa kepuasan pasien.
Downloads
Article Details
References
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009. Jakarta.
Ningrum, Alzen Rahayu. 2019. e-Skripsi Universitas Andalas “Analisis Efisiensi Hunian Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Pasaman Barat.” Universitas Andalas Padang.
Putri, Desti Alisa. 2013. “Hubungan Dimensi Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas.” Universitas Muhammadiyah Purwokwerto.
Rosita, Riska, and Tanastasya Amrita Ramadhani. 2019. “Penetapan Mutu Rumah Sakit Berdasarkan Indikator Rawat Inap.” Jurnal Kesehatan Kusuma Husada.
Widjianto, Trisna. 2019. “Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Wisata, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Di Objek Wisata Ketep Pass.” Universitas Negeri Yogyakarta.
Wulandari, Nofiati. 2015. “Hubungan Layanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ungaran Kabupaten Semarang.” Universitas Negeri Semarang.