EFEKTIVITAS METODE PLAY THERAPHY PADA KASUS DISGLOSIA PSIKOSOSIAL (AUTISM SPECTRUME DISORDER)

Main Article Content

Yuli Afmi Ropita Sari
Ilham Akerda Edyyul
Yulidar
Junaeni
Aulia Salsabilla Putri
Vannia Andraresta

Abstract

Masalah interaksi sosial banyak terjadi pada kasus perkembangan salah satunya pada anak Dislogia Psikososial (Autisme Spectrum Disorder) yaitu gangguan perkembangan pervasive, dimana menunjukkan gejala gagalnya perkembangan kemampuan sosial yang kompleks. Selain itu masalah pada kasus autis adalah atensi, kontak mata dan masalah pragmatic sosial. Adapun tujuan dari studi kasus iniuntuk mengetahui apakah metode play theraphy efektif meningkatkan kontak mata pada klien autis spectrum disorder sebanyak 6 sesi selama 30 menit per sesi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan penanganan atau metode play theraphy. Sampel penelitian adalah 1 orang anak autis yang berusia 5 tahun . Teknik pengumpulan data adalah dengan cara dilakukannya pre test dan post test setelah diberikan terapi. Teknik analis dengan melihat rata-rata kemampuan klien dalam mempertahankan kontak matanya berhasil jika kemampuan kontak mata 3 detik, cukup berhasil kemampuan kontak mata 1-2 detik, tidak berhasil kemampuan kontak matanya 0 detik. Diperoleh dari hasil pretest dengan rata-rata kontak mata yaitu 0 detik, sedangkan untuk hasil postest diperoleh rata-rata kontak matanya 1,83 detik. (Association, 2013)Disimpulkan bahwa metode play theraphy dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kontak mata.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari, Y. A. R., Edyyul, I. A., Yulidar, Junaeni, Putri, A. S., & Andraresta, V. (2024). EFEKTIVITAS METODE PLAY THERAPHY PADA KASUS DISGLOSIA PSIKOSOSIAL (AUTISM SPECTRUME DISORDER). JURNAL KESEHATAN MERCUSUAR, 7(1), 084–088. https://doi.org/10.36984/jkm.v7i1.459
Section
Articles

References

Association, A. P. (2013). The Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder, 5 th Edition (DSM V). United States .

Çetinçelik, M., & Rowland C. F., S. T. (2021). Do the Eyes Have It? A Systematic Review on the Role of Eye Gaze in Infant Language Development . Frontiers in psychology, 11 - 16.

Joy, H. (2022). Neural Correlates Of Eye Contact And Social Function In Autism Spectrum Disorder. Pudmed Central, 17(11).

Reem, E., & Mohammed A., N. K. (2023). Play therapy in children with autism: Its role, implications, and limitations. World Journal of Clinical Pediatrics , 1-22.

Vincent, J., & Leigh O., E. J. (2013 ). Teaching eye contact to children with autism: A conceptual analysis and single case study. Education And Treatment OfChildren, 36 -42.

Karina, G., & Nur, A. (2023). Play Therapy for Improving Interaction and Communication in Autism: Systematic Review. Jurnal Obsesi , 7- 11.