ANALISIS KINERJA BERDASARKAN BALANCED SCORECARD
Main Article Content
Abstract
Rumah sakit merupakah sebuah sektor publik dimana memiliki fungsi sebagai pusat pelayanan. Sehingga diperlukan penilaian kinerja dari berbagi sudut pandang dalam meningkatkan dan mengoptimalisasi pelayanan yang diberikan. Rumah sakit umum haji medan merupakan salah satu sektor publik yang sudah ditetapkan sebagai BLUD sehingga perlu memperhatikan lebih terhadap kinerja rumah sakit itu sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan metode operational research secara studi cross sectional dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif menggunakan single case study. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui kuesioner yang ditujukan pada pasien dan karyawan rumah sakit dan data sekunder melalui observasi dan telaah dokumen. Pengukuran kinerja dengan menggunakan metode balance scorecard meliputi empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kinerja dengan pendekatan model balance scorecard adalah : 1) perspektif keuangan terdapat pada dua indikator yang hasil pencapaian rata-ratanya tidak sesuai dengan standar baku rumah sakit yakni perputaran piutang di atas 50-70 hari, rasio aktivitas tidak efektif karena target dibawah 100%. 2) perspektif pelanggan bahwa kepuasan pelanggan baik dengan skor rata-rata 4,23. 3) perspektif proses bisnis internal terdapat dua variable yang hasil capaian rata-ratanya di bawah standar ideal rumah sakit yakni average length of stay dan turn over interval sedangkan bed turnover rate berada diatas standar rumah sakit 40-50 kali serta gross death rate > 45/1000 penderita keluar dan net death rate >25/1000 ideal; 4) perspektif pertumbuhan dan pembelajaran produktivitas karyawan meningkat, setiap tahunnya serta kepuasan karyawan baik dengan skor rata-rata 4,11. Tahun 2020-2023 mengalami kenaikan dan sudah memenuhi kriteria dari 4 perspektif tersebut.
Downloads
Article Details
References
Ainnisya, Rima Nur; Susilowati, Isnurrini Hidayat. 2018. “Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada Hotel Cipta Mampang Jakarta Selatan.” Widya Cipta Jurnal Sekretaris dan Manajemen 2(1): 133–40. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/2989/2045.
Anshori, Zakaria. 2018. “Analisis Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Dengan Menggunakan Balance Scorecard (Studi Kasus Pada Rsud Dr. Soegiri Lamongan).” Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.
Asmara, Alfatania Pandu. 2017. “Pengaruh Turnover Intention Terhadap Kinerja Karyawan Di Rumah Sakit Bedah Surabaya.” Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia 5(2): 123–29.
Candrasari, M.; Kurrohman, T.; Wahyuni, N. I. 2018. “Analisis Kinerja Keuangan Dan Pelayanan Dengan Kemandirian Rumah Sakit Di RSUD Dr.Abdoer Rahem Situbondo.” E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi 5(1): 94–99. https://doi.org/10.19184/ejeba.v5i1.7744.
Effendy, L.; Hilendria, B. A.; Isnawati. 2020. “Balanced Scorecard (BSC)?: Rekayasa Pada Entitas Rumah Sakit.” Jurnal Riset Akuntansi Aksioma 19(1): 155–82. https://doi.org/10.29303/aksioma.v19i1.91.
Goretti Aran, Maria; Tule, Philipus; Djuang, Gaudensius; Manafe, Henny A. 2023. “Analisis Kinerja Rumah Sakit Santo Antonius Jopu DI Ende Nusatenggara Timur Dengan Metode Balanced Scorecard Dan Swot.” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 4(3): 445–59. https://dinastirev.org/JIMT/article/view/1405/844.
Hawa. 2016. “Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Berdasarkan Balance Scorecard Di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Pura Langkat.” Universitas Sumatera Utara.
Kaplan, Robert S. 2012. The Strategy Focused Organization: How Balanced Scorecard Companies Thrive in The New Business Environment. Cambridge: Harvard Business School Press.
Kemenkes. 2014. Juknis SIRS 2011: Sistem Informasi Rumah Sakit:Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan. Indonesia.
Kemenkeu RI. 2016. “Peraturan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Nomor Per 36/PB/2016 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Badan Layanan Umum Bidang Layanan Kesehatan.”
Kosasih, Maratus Sholihah Aprilia; Suprapti, Suprapti. 2020. “Analisis Penilaian Kinerja Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Di Rumah Sakit Dr.Etty Asharto Batu.” Jurnal Akuntansi dan Perpajakan 6(2): 101–12.
Kurniasari, Verni?; Memarista, Gesti. 2017. “Analisis Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada PT. Aditya Sentana Agro).” Agora 5(1).
Laporan Akuntanbilitas Kinerja Instansi Pemerintah Rumah Sakit Umum Haji Medan. 2022. Medan.
Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Unit Penerbitan dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Mardiasmo. 2018. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Musu, Krisantus Lou; Suryawati, Chriswardani; Warsono, Hardi. 2020. “Analisis Sistem Penanganan Komplain Di Rumah Sakit Permata Medika Semarang.” Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia 8(1): 7–15.
Negeri, Menteri Dalam. 2018. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2018 Tentang Badan Layanan Umum Daerah. Jakarta. https://peraturan.bpk.go.id/Details/111301/permendagri-no-79-tahun-2018.
Nur, Dwi Andari. 2016. “Pengukuran Kinerja Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Berdasarkan Balanced Scorecard Di RSUD Dr. R. Koesma Kabupaten Tuban.” Jurnal Administrasi Publik 14(1): 26–42.
Rosita, R.?;Tanastasya, A. R. 2019. “Penetapan Mutu Rumah Sakit Berdasarkan Indikator Rawat Inap.” Jurnal Kesehatan Kusuma Husada Juli 2019: 166–78.
Safitri, Shinta; Prastiwi, Dewi; Setianto, Budhi. 2022. “Analisis Kinerja Rumah Sakit Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada RSI Surabaya.” Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan 4(11): 5148–56. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/view/1912/1608.
Suryani, Yulana Tri?; Retnani, Endang Dwi. 2016. “Implementasi Balanced Scorecard Dalam Pengukuran Kinerja Manajemen Rumah Sakit.” Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi 5(1–15).