Analisis Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan
Main Article Content
Abstract
Kemenkes RI menyatakan kualitas pelayanan kesehatan merupakan segala hal yang meliputi kinerja yang menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan, tidak saja yang dapat menimbulkan kepuasan bagi pasien sesuai dengan kepuasan rata-rata penduduk tetapi juga sesuai dengan standar dan kode etik profesi yang telah ditetapkan. Mutu menjadi salah satu elemen penting dalam setiap pelayanan kesehatan. Oleh sebab itu, dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, pihak penyedia jasa pelayanan kesehatan harus selalu menjaga mutu pelayanan yang diberikan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS. Jenis penelitian ini menggunakan survei analitik deskriptif dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di klinik spesialis mata SMEC Palu tahun 2023 dengan rata-rata pasien yaitu sebanyak 322 orang pasien kunjungan pengambilan sampel dengan metode accidental sampling, dengan sampel berjumlah 76 orang. Analisa data dilakukan dengan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Berdasarkan hasil uji chi-square diketahui bahwa kepuasan pasien berpengaruh terhadap bukti fisik p-value = 0.054, kehandalan p-value = 0.007, daya tanggap p-value = 0.025, jaminan p-value = 0.572 dan empati p-value p = 0,001, artinya ada pengaruh bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan pasien. Dari hasil analisis multivariat diketahui variabel yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah variabel kehandalan dengan nilai OR 83.966. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah variabel Kehandalan bernilai lebih dominan, artinya variabel Kehandalan paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien di Klinik Spesialis Mata SMEC Palu. Bagi rumah sakit dapat mengambil kebijakan guna meningkatkan kinerja petugas kesehatan sehingga menghasilkan kinerja yang optimal.
Downloads
Article Details
References
Andriani, Medi, Santi Perawati, and Siti Nurhaliza. 2022. “Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Langit Golden Medika Sarolangun.” Indonesian Journal of Pharmaceutical Education 2(1): 10–20.
Arifiyanti, Adiska Lina. 2017. “Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Surabaya.” Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo 3(1): 118–31.
Chusna, Nurul, Titra Fetriana, and Rabiatul Adawiyah. 2018. “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Pahandut Kota Palangka Raya.” Borneo Journal of Pharmacy 1(2): 89–92.
Dianita, Puspita Septie, and Elmiawati Latifah. 2017. “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat Di Apotek Wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.” Jurnal Farmasi Sains dan Praktis 3(2): 19–23.
Dinamika, Eriza, Arifah Devi Firiani, and Deli Theo. 2020. “Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Munyang Kute Redelong Bener Meriah Tahun 2019.” Journal Of Healthcare Technology And Medicine 6(2): 1086–96.
Hanafi. 2022. “Analisis Kualitas Pelayanan Pasien Menggunakan Diagram Kartesius Di Rawat Inap Rumah Sakit RSUD Bima.” Jurnal Medika Utama 3(3): 2718–38.
Indonesia, Kementerian Kesehatan R I. 2015. “Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019.”
Juliawati, Ni Wayan Mega, Citraningtyas Gayatri, and Jayanto Imam. 2019. “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Robert Wolter Mongisidi Manado.” Pharmacon 8(4): 945–52.
Lawan, Karolina, Petrus Romeo, and Rina Waty Sirait. 2022. “Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Oesapakota Kupang.” Media Kesehatan Masyarakat 4(1).
Muhammad, Diki, Almasyhuri Almasyhuri, and Lusi Agus Setiani. 2020. “Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Sekarwangi Cibadak Kabupaten Sukabumi.” Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ| 4(2): 174–86.
Rahmadani, Anggi Wahyu. 2022. “Analisis Pelayanan Farmasian Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rsud Rokan Hulu Riau Tahun 2022.” Institut Kesehatan Helvetia Medan.
Sari, Ratih Pratiwi. 2017. “Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi Di Apotek X.” Jurnal Ilmiah Ibnu Sina 2(1): 122–33.
Sulo, Habel Roy, Elina Hartono, and R A Oetari. 2019. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Kota Surakarta.” Jurnal Ilmiah Manuntung 5(1): 81–90.
Tri S, Bintari, Nurul Huda, and Haryati Noor. 2022. “Evaluasi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Reguler Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Rawat Jalan.” Indonesia Jurnal Farmasi 7(1): 10–13.
Yaqin, Achmad Ainul. 2017. “Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi RSUD Dr. R. Koesma Kabupaten Tuban.”
Yulyuswarni, Yulyuswarni. 2017. “Mutu Pelayanan Farmasi Untuk Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Swasta.” Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik 10(1): 110–15.