PERKEMBANGAN KEMAMPUAN NARATIF MAKROSTRUKTURAL USIA PRASEKOLAH

Main Article Content

Jumiarti
Rexsy Taruna
Stella Rosalina Phandinata

Abstract

Kemampuan naratif menjadi kemampuan yang sangat krusial dan dibutuhkan oleh anak-anak untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan menjalani proses pendidikan di sekolah. Penelitian ini sebagai studi pendahuluan yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran profil keterampilan narasi makrostruktural berdasarkan kelompok umur anak-anak usia prasekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sembilan belas anak usia empat hingga tujuh tahun dengan perkembangan tipikal, berpartisipasi dalam penelitian. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan satu gambar sikuen. Pada proses pengambilan data, setiap anak diminta menceritakan secara lisan sebuah cerita bergambar yang terdiri dari empat kartu gambar berurutan. Setiap ujaran ditranskrip dan diberikan skor berdasarkan komponen naratifnya. Berdasarkan analisis, terdapat perbedaan penguasaan elemen dari unsur makrostruktur pada anak-anak usia prasekolah (F = 3.87; p<0.05). Semakin bertambahnya usia, maka semakin lengkap unsur narasi dalam sebuah cerita yang dihasilkan oleh anak-anak usia prasekolah. Atas dasar itu, terapis wicara disarankan untuk menilai kemampuan naratif anak berdasarkan elemen penguasaan pada setiap usia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jumiarti, Rexsy Taruna, & Stella Rosalina Phandinata. (2024). PERKEMBANGAN KEMAMPUAN NARATIF MAKROSTRUKTURAL USIA PRASEKOLAH. JURNAL KESEHATAN MERCUSUAR, 7(2), 114–120. https://doi.org/10.36984/jkm.v7i2.512
Section
Articles

References

Akme?e, P. P., & Kanmaz, S. (2021). Narrative to investigate language skills of preschool children. International Electronic Journal of Elementary Education, 14(1), 9–2.

Kaderavek, J. N. (2014). Language disorders in children: fundamental concepts of assessment and intervention.

Lever, R., & Sénéchal, M. (2011). Discussing stories: On how a dialogic reading intervention improves kindergartners’ oral narrative construction. Journal of Experimental Child Psychology, 108(1), 1–24.

Lintangsari, A. P., Widodo, W., & Kuswoyo, R. A. (2009). Keterampilan Narasi Siswa Tuli Pada Tingkat Mikro. Linguistik Indonesia, 37(2), 159–67.

Marini, A. C., Piccolo, B., Taverna, L., Berginc, M., & Ozbi?, M. (2020). The Complex Relation between Executive Functions and Language in Preschoolers with Developmental Language Disorders. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(5), 1772. https://doi.org/10.3390/ijerph17051772

Maureen, I. Y., van der Meij, H., & de Jong, T. (2020). Enhancing Storytelling Activities to Support Early (Digital) Literacy Development in Early Childhood Education. International Journal of Early Childhood, 52(1), 55–76.

McCabe, A., & Peterson, C. (1991). Developing narrative structure. Psychology Press.

Nippold, M. A. (2020). Language sampling with children and adolescents: Implications for Intervention (Third Edit). Plural Publishing, Inc.

Owens, R. E., J. (2022). Language disorders: A Functional Approach to Assessment and Intervention in Children (Seventh Ed). Plural Publishing, Inc.

Owens, R. E. (2012). Language Development: An Introduction. Pearson Education, Inc.

Petersen, D. B., Gillam, S. L., Spencer, T., & Gillam, R. B. (2010). The effects of literate narrative intervention on children with neurologically based language impairments: An early stage study. Journal of Speech, Language, and Hearing Research, 53, 961–981.

Rizqiyani, R., & Azizah, N. (2019). Kemampuan Bercerita Anak Prasekolah (5-6 Tahun). Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 146–55.

Roth, F. P., & Worthington, C. K. (2021). Treatment resource manual for speech-language pathology. Plural Publishing, Inc.

Stephan, F., Gunzenhauser, C., & Saalbach, H. (2022). Function of language skills in preschooler’s problem-solving performance: The role of self-directed speech. Journal of Applied Developmental Psychology, 81, 101431.