EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN TATA TERTIB BERWUDHU BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL

Main Article Content

Elda Despalantri

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada seorang anak dengan hambatan intelektual yang ringan. Hasil pengamatan awal ditemui ada anak dalam melakukan wudhu belum sempurna, dan tidak berurutan. Maka dari itu peneliti ingin meningkatkan tata tertib berwudhu anak dengan hambatan intelektual sesuai tata tertib berwudhu melalui metode demonstrasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan desain A – B. Ukuran target behaviornya dengan persentase. sedangkan data dianalisis menggunakan analisis visual grafik yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Setelah data dianalisis, maka didapat persentase tata tertib berwudhu yang tertinggi pada kondisi baseline adalah 54,16 %. Sedangkan pada kondisi intervensi persentase tata tertib berwudhu yang didapat adalah 95,83 %, artinya bahwa kemampuan tata tertib berwudhu anak jauh lebih meningkat. Pada kondisi baseline tingkat level perubahan tata tertib berwudhu adalah 12,50 % (+) artinya menunjukkan ke arah positif bahwa persentase tata tertib berwudhu yang di dapat selama kondisi baseline sedikit naik namun persentasenya masih rendah. Sedangkan untuk intervensi tingkat level perubahannya adalah 29,83 % (+) artinya menunjukkan ke arah yang positif bahwa persentase tata tertib berwudhu yang didapat selama kondisi intervensi jauh meningkat dibandingkan dengan kondisi baseline. Sedangkan untuk persentase overlapenya didapat 0 %, artinya semakin kecil persentase overlape maka semakin baik pengaruh intervensi terhadap target behaviour. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima.

Article Details

How to Cite
Despalantri, E. (2019). EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN TATA TERTIB BERWUDHU BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL. JURNAL KESEHATAN MERCUSUAR, 2(2). https://doi.org/10.36984/jkm.v2i2.52
Section
Articles

References

Abdurrahim. Tuntunan Shalat Wajib. Jakarta : Sandro Jaya Jakarta
Agung Danarta.(2006). Cara Berwudhu Menurut Rasulullah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah
Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran. Jakarta : Publisher
Dessy Anwar (2001). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya : Karya Abditama
Djaja Rahardja.( 2006). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. University Of Tsukuba
Husein Umar. (2009). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Iqbal Hasan. (2009). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Juang Sunanto, dkk. (2006). Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung : UPI Press.
Maria j. Wantah. (2007). Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta: DEPDIKNAS
Mega Iswari. (2008). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang : UNP press
Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung ; PT Remaja Rosda Karya
Nana Sudjana. (2004). Didaktik Dasar-Dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Rini Hildayani,dkk. (2005). Penanganan Anak Berkelainan (Anak dengan Kebutuhan Khusus). Jakarta : Universitas Terbuka
Roestiyah N.K. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Starawaji (internet : Starawaji.wordpress.com/2009/05/11/pengertian-tata-tertib )
UNP.(2008). Panduan Penulisan Skripsi Tugas Akhir / skiripsi. Padang: UNP