PENGARUH METODE PEER EDUCATION TERHADAP INTRADIALYTIC WEIGHT GAIN (IDWG) PADA PASIEN HEMODIALISIS

Main Article Content

Ria Desnita Desnita
Mira Andika
Siti Jamilah

Abstract

Masalah umum pada pasien gagal ginjal tahap akhir yang menjalani terapi hemodialisis adalah ketidakpatuhan dalam pembatasan cairan. Intradialytic weight gain (IDWG) merupakan indikator kepatuhan dalam pembatasan cairan. Salah satu cara untuk meningkatkan kepatuhan pasien dalam pembatasan cairan adalah dengan metode peer education. Metode peer education merupakan metode edukasi dengan melibatkan pendidik sebaya sebagai pemberi edukasi pada kelompok pasien hemodialisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode peer education terhadap IDWG pada pasien hemodialisis. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan one group pretest and posttest design. Penelitian ini dilakukan di RST Dr. Reksodiwiryo Padang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari – Agustus 2018. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 10 orang pasien hemodialisis. Hasil analisis data menggunakan paired t test menunjukkan ada pengaruh metode peer education terhadap intradialytic weight gain (IDWG) pada pasien hemodialisis (p= 0,000). Diharapkan pada perawat di unit hemodialisis memberikan edukasi kepada pasien dengan melibatkan pendidik sebaya sebagai pemberi edukasi.

Article Details

How to Cite
Desnita, R. D., Andika, M., & Jamilah, S. (2019). PENGARUH METODE PEER EDUCATION TERHADAP INTRADIALYTIC WEIGHT GAIN (IDWG) PADA PASIEN HEMODIALISIS. JURNAL KESEHATAN MERCUSUAR, 2(2). https://doi.org/10.36984/jkm.v2i2.60
Section
Articles

References

Abbass, H. M., & Balla. (2010). Peer education and avoidance of risky sexual behavior, consepts examples and experiences from sudan. Journal adolescent of sexsually risky behaviors, 35(13).

Alharbi, K & Enrionoe, B. E. (2012). Malnutrision is prevalevant among haemodialysis patient in Jedah. Journal kidney desease and transplantation.

Amelia, C. R. (2014). Pendidikan Sebaya Sindrom Pramenstruasi pada Remaja. Medical Journal Of Brawijaya, 4(2).

Angraini. (2016). Pemantauan Intake Output Cairan Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Dapat Mencegah Overload Cairan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 16(3).

Black, J M., & Hawks, H. (2014). Keperawatan Medical Bedah (edisi 8). Jakarta : Elsevier Saunders

Kartika. (2009). Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan dalam Pembatasan Asupan Cairan pada Klien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Terapi Hemodialisis di Ruang Hemodialisa RSUP Fatmawati Jakarta 2009. Skripsi tidak dipublikasikan. Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia.

Syamsiah, N. (2011). Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan pada Pasien CKD yang Menjalani Hemodialisa Di RSPAU Dr.Esnawan Antariksa Halim Perdana Kusuma Jakarta. Tesis tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia.

Suswati. (2012). Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Metode Pendidik sebaya terhadap Aktivitas Perawatan Diri pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Wilayah Kerja Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember. Tesis tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Jember.