UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN LANSIA DENGAN REMATIK MELALUI PELAKSANAAN SENAM REMATIK

Main Article Content

Aida Minropa
Nova Fridalni
Guslinda Guslinda
Ises Reni
Masni Hayati

Abstract

Latar Belakang : Rheumatoid Arthritis atau yang lebih dikenal dengan rematik merupakan penyakit inflamasi sistemik kronik yang menyebabkan tulang sendi destruksi, deformitas, dan mengakibatkan ketidakmampuan.  Puskesmas Ambacang  melayani lansia  dengan rematik. Catatan kunjungan poli lansia Puskesmas Ambacang  terdapat 58  lansia mengalami rematik pada bulan Januari dan Februari 2022. Keadaan sendi yang nyeri dan kaku terutama pada pagi hari dapat diminimalkan dengan dengan melakukan senam rematik. Berdasarkan data di atas kami melaksanakan kegiatan  pengabdian dengan judul upaya peningkatan kesehatan lansia rematik dengan senam rematik di Kelurahan Ampang wilayah kerja Puskesmas Ambacang.


 


Metode : Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Kelurahan Ampang wilayah kerja Puskesmas Ambacang pada hari Kamis tanggal 4 Maret 2022.  Kegiatan ini  diawali penyuluhan kesehatan tentang rematik pada lansia yang dilanjutkan dengan pelaksanaan senam rematik.


 


Hasil: Kegiatan pengabdian ini di hadiri oleh 13 orang lansia. Peserta yang hadir pada kegiatan berperan aktif selama kegiatan berlangsung, Peserta mengajukan pertanyaan saat sesi diskusi setelah penyuluhan dan mengikuti semua gerakan senam yang diperagakan.

Article Details

Section
Articles

References

Andri, Juli; Padila; Sartika, Andri; Putri, Selviyana, Ega N; J, H. (2020). Tingkat Pengetahuan Terhadap Penanganan Penyakit Rheumatodi Arthritis Pada Lansia. Jurnal Kesmas Asclepius, 2(1).
Arini, L. E. (2020). Asuhan Keperawatan pada Klien dengan Reumathoid Arthritis. Pustaka Geleri Mandiri.
Dinas Kesehatan kota Padang. (2019). Profil Kesehatan Kota Padang Tahun 2018.
Gosana. (2020). Terapi Latihan Fisik Rematik. Shira Medika.
Langow, S. S. (2018). A to Z Penyakit Rematik Autoimun. Penyakit Rematik Autoimun. Shira Medika.
Maryam, R. S. (2011). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Salemba Medika.
Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.
Nunohoni; Tulaat. (2011). Senam Rematik Tingkatkan Kemandirian Lansia dalam Melakukan Activity Daily Living (ADL).
Octa, Alvina R; Febrina, W. (2020). Implementasi Evidence Based Nursing Pada Pasien Rematik : Studi Kasus. Real Ini Nursing Journal, 3(1).
Wahyudi. (2017). Penyakit Rematik. Nuha Medika.