EFEKTIVITAS PEMBERIAN TEKNIK HIPNOTERAPI DALAM MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA

Main Article Content

Edo Gusdiansyah
Welly

Abstract

Latar Belakang: Game Online adalah suatu game yang berbasis elektronik dan visual dengan menggunakan internet sebagai media bermainnya. banyak remaja mengalami kecanduan, yaitu menggunakan waktu ≥ 2 jam perhari untuk bermain game. Dampak dari kecanduan game online bagi remaja yaitu remaja cenderung malas, suka bolos sekolah, berbohong, kurang bergaul, dan menjadi agresif. Dampak terhadap pendidikan yaitu remaja sulit untuk berkonsentrasi pada pelajaran di sekolah. Upaya yang dilakukan yaitu dengan terapi komplementer seperti Hipnoterapi yang bertujuan untuk mengurangi kecanduan game online dengan metode pemberian melalui pendidikan kesehatan dan melakukan hipnoterapi kepada remaja.


Metode: Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang pada Remaja hari Sabtu tanggal 22 Januari 2022. Kegiatan ini diawali dengan pemberian pendidikan kesehatan tentang bahaya gadget dan melakukan hipnoterapi sebanyak 4 kali pertemuan.


Hasil: Kegiatan pengabdian masyarakat ini dihadiri oleh 15 remaja. Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh remaja selama kegiatan berlangsung, remaja mengajukan pertanyaan saat sesi diskusi dibuka setelah diberikan pendidikan kesehatan dan mengikuti semua sesi teknik hipnoterapi yang diajarkan sampai selesai.

Article Details

Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik Kota Padang. (2018). Data Remaja Kecamatan Koto Tangah Dalam Angka.
Guno, D. C. (2018). Gambaran Perilaku Kecanduan Game Online Pada Anak Usia Sekolah Di Wilayah Kecamatan Magetan. Gambaran Perilaku Kecanduan Game Online Pada Anak Usia Sekolah Di Wilayah Kecamatan Magetan, Hal 1-8.
Kurniawan, E. (2019). Pengaruh Adiksi Bermain Game Online Terhadap Pelaksaan Ibadah Sholat Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 SIAK Kecamatan SIAK Kabupaten SIAK. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Kusuma, O. C. (2019). Skripsi Hubungan Game Online dengan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 10 Kota Padang. Hal 1-66.
Sarwono, S. W. (2012). Psikologi remaja (Edisi Ke-15). Rajawali Pers.
Syaripudin, A. (2018). Hipnoterapi Aplikasi Keperawatan Komplementer (Edisi Pertama). In Media.
Wijman, T. (2019). The Global Game 2019.
Yudrik Jahja. (2011). Psikologi Perkembangan (Edisi Pertama). Kencana.