HUBUNGAN STATUS SPIRITUALITAS DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA

Main Article Content

Guslinda Guslinda
Nurleny Nurleny
Nova Fridalni
Yesi Martina

Abstract

Persentase data jumlah penduduk lansia di dunia  pada tahun 2010 adalah 13,5% dan diprediksi jumlah ini pada tahun 2025 menjadi 14,9%, dan pada tahun 2030 menjadi 16,4%. Penurunan fisik dan psikologis dapat mengganggu spiritualitas dan berdampak pada kualitas hidup lansia. Kualitas hidup lansia menurun jika  tidak di tangani dengan baik akan berdampak buruk untuk kehidupannya karena berpengaruh pada kesehatan fisik, psikologis dan spiritualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status spiritualitas dengan kualitas hidup pada lansia di wisma cinta kasih padang. Jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional study dilakukan di wisma cinta kasih padang pada tanggal 6 Maret 2019, dengan populasi 40 lansia dan dengan tekhnik pengambilan sapel total sampling. Hasil penelitian didapatkan kurang dari separoh (40%) responden memiliki status spiritualitas terpenuhi dan kurang dari separoh (45%) responden memiliki kualitas hidup berkualitas dan terdapatnya hubungan status spiritualitas dengan kualitas hidup pada lansia di wisma cinta kasih padang tahun 2019 ( p value = 0, 001). Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa ada hubungan kualitas hidup lansia dengan status spiritualitas. Diharapkan kepada tenaga kesehatan di wisma cinta kasih padang untuk dapat meningkatkan status spiritualitas lansia untuk meningkatkan kualitas hidup lansia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Guslinda, G., Nurleny, N., Nova Fridalni, & Yesi Martina. (2021). HUBUNGAN STATUS SPIRITUALITAS DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA. JURNAL KESEHATAN MERCUSUAR, 4(2), 106-110. https://doi.org/10.36984/jkm.v4i2.173
Section
Articles

References

Afnesta Yuzefo, Mira, Febriana Sabrian, and Riri Novayelinda. 2015. “Hubungan Antara Status Spiritual Lansia Dengan Gaya Hidup Lansia.” JOM 2(2).
Angraini, Ida, Reni Zulfitri, and Riri Novayelinda. 2018. “Hubungan Antara Status Spiritual Lansia Dengan Gaya Hidup Lansia.” Universitas Riau.
Hamzah, Rori. 2016. “Hubungan Usia Dan Jenis Kelamin Dengan Kualitas Hidup Pada Penderita Gagal Jantung Di RS. PKU Muhammadiyah. Yogyakarta:” Universitas Aisyiyah Yogyakarta.
Kementerian Kesehatan RI. 2017. Analisis Kesehatan Lansia. Jakarta.
Ma’rifatul Azizah, Lilik. 2011. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Munawarah, Siti. 2018. “Spiritualitas Dengan Kualitas Hidup Lansia.” Nerspedia Journal 1(1).
Notoatmodjo, Sukidjo. 2017. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pangkahila, Wempi. 2014. “Seks Dan Kualitas Hidup.” Kompas.
Rasjidi, Imam. 2010. Perawatan Paliatif Dan Bebas Nyeri Pada Kanker. Jakarta: Sagung Seto.
Ummah, Athurrita Choirru, Warsito, and Bambang Edi. 2016. “Hubungan Kebutuhan Spiritualitas Dengan Kualitas Hidup Pada Lansia Di Panti Wreda Kota Semarang.” Universitas Diponegoro Semarang.
Yusuf. 2017. Kebutuhan Spiritual Konsep Dan Aplikasi Dalam Asuhan Keperawatan. Jakarta: Mitra Wacana Media.