STUDI KASUS IBU NIFAS DENGAN INFEKSI LUKA PERINEUM

Main Article Content

Agustin Dwi Syalfina
Dian Irawati
Sari Priyanti
Ainul Churotin

Abstract


Infeksi pada masa nifas adalah salah satu penyebab tingginya angka kematian ibu. Kejadian infeksi pada masa nifas yang terbanyak disebabkan luka jahitan pada perineum yang terinfeksi. Luka perineum karena robekan atau episiotomi. Luka tersebut apabila tidak dilakukan perawatan secara baik yaitu dengan cara menjaga tetap bersih dan kering daerah genitalia maka bakteri dapat berkembang biak di daerah luka tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan asuhan kebidanan pada ibu nifas dengan infeksi perineum. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi kasus pada subyek penelitian Ny “K” Usia 23 tahun di Desa Randugenengan kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan melihat kohort, melakukan kunjungan rumah dan melakukan pemeriksaan sebanyak 4 kali kunjungan kemudian data dianalisis dengan penelitian terkait. Hasil kunjugan ke 2 pada Ny “K”menunjukkan tanda infeksi pada luka perineum antara lain adanya keluhan nyeri dan tidak nyaman pada daerah genitalia, tampak luka jahitan terbuka, ada nanah, kulit perineum tampak merah dan berbau. Penatalaksanaan dilakukan perawatan luka setiap hari. melakukan vulva hygiene, mengajarkan untuk diit tinggi protein. Bidan penting melakukan kunjungan nifas secara rutin untuk mendeteksi tanda komplikasi secara dini sehingga ibu dan bayi tetap dalam kondisi sehat.


Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Agustin Dwi Syalfina, Dian Irawati, Sari Priyanti, & Ainul Churotin. (2021). STUDI KASUS IBU NIFAS DENGAN INFEKSI LUKA PERINEUM. JURNAL KESEHATAN MERCUSUAR, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.36984/jkm.v4i1.176
Section
Articles
Author Biographies

Sari Priyanti, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit

Profesi Kebidanan

Ainul Churotin, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit

D3 Kebidanan

References

Apri Sulistianingsih, Y. W. (2019) ‘Faktor yang Berpengaruh terhadap Penyembuhan Luka Perineum pada Ibu Postpartum’, Journal for Quality in Women’s Health, 2(1), pp. 11–18.
Bina Melvia Girsang, Nur Afi Darti, Roymond Simamora, E. I. K. (2019) ‘Gambaran Karakteristik Luka Perineum Pada Ibu Post Partum Dengan Hidroterapi Sitz Bath’, Jurnal Keperawatan Respati, 6(3).
Ella Yulianisa, M. S. M. (2019) ‘Sikap, Keterampilan Individu, dan Dukungan Suami terhadap Perilaku Pencegahan Infeksi Luka Perineum Ibu Postpartum’, Jurnal Ilmiah Kebidanan Indonesia STIKIM, 9(4).
Erna Rahmawati, N. T. T. (2015) ‘Hubungan Pemenuhan Gizi Ibu Nifas Dengan Pemulihan Luka Perineum’, Jurnal Wiyata, 2(1).
Nurrahmaton Nurrahmaton, D. S. (2018) ‘Hubungan Pengetahuan Ibu Post Partum Tentang Perawatan Luka Perineum Dengan Proses Penyembuhan Luka Di Klinik Bersalin Hj. Nirmala Sapni, Amd.keb Medan’, Jurnal Bidan Komunitas, 1(1).
Prakirtia Primadona, D. S. (2015) ‘Penyembuhan Luka Perineum Fase Proliferasi Pada Ibu Nifas’, Jurnal PROFESI, 13(1), pp. 1–5.
Rahayu, Bakti, Andi Multazam, E. K. (2018) ‘Kinerja Bidan Dalam Rangka Menurunkan Angka Kejadian Infeksi Post Partum Di Puskesmas Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat No Title’, Jurnal Ilmiah Kesehatan, 12(5), pp. 569–573.
Sriani Timbawa , Rina Kundre, Y. B. (2015) ‘Hubungan Vulva Hygiene Dengan Pencegahan Infeksi Luka Perineum Pada Ibu Post Partum Di Rumah Sakit Pancaran Kasih GMIM Manado’, Journal Keperawatan Unsrat, 3(2).
Verby Divini Prety Tulas, Rina Kundre, Y. B. (2017) ‘Hubungan Perawatan Luka Perineum Dengan Perilaku Personal Hygiene Ibu Post Partum Di Rumah Sakit Pancaran Kasih GMIM Manado’, Journal Keperawatan Unsrat, 5(1).
Widya Lestari, D. F. S. (2019) ‘Peran Tenaga Kesehat An Dan Kualitas Kunjungan Nifas Pada Ibu Yang Memiliki Bayi Usia 2 - 12 Bulan’, Jurnal Kesehatan Mercusuar, 2(1).