Studi Kasus: Penderita Hipertensi Dengan Penerapan Jus Tomat

Main Article Content

Isna Aglusi Badri
Cindy Monica Harefa

Abstract

Hipertensi merupakan suatu penyakit yang tidak menular dengan prevalensi tertinggi di Indonesia. Hipertensi bisa mengakibatkan pecahnya maupun menyempitnya pembuluh darah otak. Apabila pembuluh darah otak pecah, maka timbulah perdarahan di otak dan apabila pembuluh darah otak menyempit, maka aliran darah keotak akan terganggu dan sel otak akan mengalami kematian. Solusi untuk mencegah terjadinya komplikasi lebih jauh yaitu dengan terapi penerapan pemberian jus tomat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan Asuhan Keperawatan Gerontik pada Tn. S Dengan Hipertensi Melalui Pemberian Jus Tomat Di Wilayah Kerja Puskesmas Sei Langkai Kota Batam Tahun 2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini  adalah studi kasus yang dilakukan berdasarkan tahap-tahap asuhan keperawatan meliputi pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi, dan evaluasi keperawatan selama 7 kali kunjungan dari tanggal 08 September 2021 sampai dengan 14 September 2021. Hasil yang didapatkan saat pemberian terapi jus tomat dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dari tekanan darah 160/90 mmHg menurun menjadi 140/80 mmHg. Kesimpulan terapi pemberian jus tomat dapat menjadi salah sau pengobatan nonfarmakologis untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Badri, I. A., & Harefa, C. M. (2022). Studi Kasus: Penderita Hipertensi Dengan Penerapan Jus Tomat. JURNAL KESEHATAN MERCUSUAR, 5(1), 6-11. https://doi.org/10.36984/jkm.v5i1.259
Section
Articles

References

Aspiani. 2014. Buku Ajar Asuhan Keperawatan Gerontik Aplikasi NANDA, NIC, NOC. Jakarta: Trans Info Media.
Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat. (2019). Statistik Penduduk Lanjut Usia 2019. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik
Baradeo, Marry, dkk. (2015). Klien Gangguan Kardiovaskuler. Jakarta: EGC.
Dinas Kesehatan Kota Batam. (2019). Data Bidang Kesehatan Kota Batam. Dinas Kesehatan Kota Batam
Dinas Kesehatan Kota Batam. (2019). Profil Dinas Kesehatan Kota Batam 2019. Batam: Dinas Kesehatan.
Irwan (2018). Epidemiologi Penyakit Tidak Memular. Yogyakarta: Deepubliah.
Jafar. Cindy. (2016). Asuhan Keperawatan Gerontik Pada Lansia Ny K dengan Hipertensi Di Wisma A BPSTW Yogyakarta Unit Budhi Luhur. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keschatan Universitas "Aisyiyah Yogyakarta.
Kementerian Keschatan RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia 2018. Jakarta: Kemenkes RI.
Kholifah. S.N. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan Gerontik. Jakarts Kemenkes RI Pusdik SDM Kesehatan.
Majid & Abdul. 2017. Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Gangguan Sistem Kardiovaskular. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Martha, Karina. 2015. Panduan Cerdas Mengatasi Hipertensi. Yogyakarta: Araska
Maramis, R. (2016). Kebermakanaan Hidup Dan Kecemasan Dalam Mengdahapi Kemarian Pada Lansia Di Panti Wedha Samarinda. ejoumnal Psikologi, 319332.
Marlina Dan Mujahid. (2020). Efektifitas Jus Jeruk Dan Jus Tomat Terhadap Hipertensi Di Desa Tambaksogra Banyumas. (Skripsi). Purwokerto: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Muhadi. 2016. JNC 8: Evidence-based Guidline Penanganan Pasien Hipertensi Dewasa. Divisi Kardiologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Vol. 43, No.1, pp. 56-57
Pikir. S Budi, M. Aminuddin, Agus Subagjo, dkk. (2015). Hipertensi Manajemen Komprehensif. Surabaya: Airlangga University Press (AUP).
Kriamon. (2019). Asuhan Keperawatan Komprobonsif Pada Tv. FT Yang Menderita Hipertensi Di Ruangan Komodo RSUD Prof. Dr. W. Z Johanes Kupang. Kupang: Poltekkes Kemenkes Kupang.
Rahmawati, Emmeelia. (2017). Asuhan Keperawatan Gerontik. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Rudianto, Budi PF. (2013). Menaklukan Hipertensi Dan Diabetes. Yogyakarta Sakkhasukma.
Setiadi. (2012). Konsep & Penulisan Dokumentasi Asuhan Keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Setiawan. A.N. (2014). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Umum dengan Kepatuhan Pasien Hipertensi di RS. PKU Aisyah Boyolali. (Skripsi) Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sutarto. (2010). CEKAL (Cegah & Tangkal) Penyakit Modern. Yogyakarta: Andi
Tarwoto. 2013. Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: CV Sagung Seto.
Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2016). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia. Edisi 1. Jakarta: PPNI
Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. Edisi 1. Jakarta: PPNI
Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia. Edisi 1. Jakarta: PPNI
Tugiyono. 2015. Tanaman Tomat. Agromedia Pustaka. Jakarta.
Wahyuni dan Ferti. 2017. Pengaruh Pemberian Terapi Jus Tomat Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Primer Stage 1 Di Desa Monggot Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan.
Wahyudi, Yusuf. (2019). Asuhan Keperawatan Pada Ny.S Dengan Diagnosa Medis Hipertensi Di Rsud Bangil Pasuruan. KTI. Sidoarjo: Akademi Keperawatan Kerta Cendekia Sidoarjo.