Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Keperawatan Untuk Melanjutkan Profesi Ners Pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Helapsindah Ramadhani
Yufitriana Amir
Hellena Deli

Abstract

Melanjutkan profesi Ners pada masa pandemi Covid-19 perlu adanya motivasi dari dalam maupun dari luar diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa untuk melanjutkan profesi Ners pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 119 responden dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisa data menggunakan univariat (distribusi frekuensi) dan bivariat (chi-square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi (p value = 0,001), minat (p value = 0,001) dan kondisi sosial ekonomi keluarga (p value = 0,014) terhadap motivasi mahasiswa untuk melanjutkan profesi Ners pada masa pandemi Covid-19 (p value < α = 0,05). Sedangkan dukungan keluarga (p value = 0,161) dan pengaruh teman sebaya (p value = 0,062) menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap motivasi mahasiswa untuk melanjutkan profesi Ners pada masa pandemi Covid-19. Persepsi, minat dan kondisi sosial ekonomi keluarga mempengaruhi motivasi mahasiswa untuk melanjutkan profesi Ners pada masa pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ramadhani, H., Amir, Y., & Deli, H. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Keperawatan Untuk Melanjutkan Profesi Ners Pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL KESEHATAN MERCUSUAR, 5(1), 19-29. https://doi.org/10.36984/jkm.v5i1.273
Section
Articles

References

Constantia, A., Arneliwati, & Utomo, W. (2017). Faktor-Faktor Internal yang Berhubungan Dengan Motivasi Mahasiswa untuk Melanjutkan Pendidikan Ners di PSIK Universitas Riau. Jurnal Ners Indonesia, 8(1), 69–78.
FKp UNRI. (2021). Data Akademik Mahasiswa FKp UNRI..
Intening, V. R., & Sidabalok, S. R. D. B. (2019). Hubungan Minat dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Melanjutkan Program Profesi Ners pada Mahasiswa Tingkat IV S-1 Ilmu Keperawatan Stikes Bethesda. Jurnal Kesehatan, 5(2), 59–66.
Jannah, S. M. (2020). Antisipasi Corona, Jokowi Sebut Kerja, Belajar, & Ibadah dari Rumah. Retrieved December 23, 2020, from https://tirto.id/antisipasi-corona-jokowi-sebut-kerja-belajar-ibadah-dari-rumah-eFfr
Lestari, T., Issroviatiningrum, R., Abdurrouf, M., & Sari, D. W. P. (2020). Hubungan Antara Minat dengan Motivasi Mahasiswa S1 Keperawatan dalam Melanjutkan Profesi Ners di Unissula Semarang. In Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Kesehatan (pp. 66–75).
Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454
Mutia, M. S., Virgo, G., & Syafriani. (2020). Hubungan Minat Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Calon Sarjana Keperawatan Untuk Melanjutkan Profesi Ners Di Universitas Pahlawan, 4(23), 47–55.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rhineka Cipta.
Perceka, A. L. (2020). Hubungan Motivasi dan Dukungan Keluarga dengan Keinginan Mahasiswa S1Keperawatan Semester 8 untuk meneruskan Program Profesi Ners, 4, 115–121.
Pramudita, F. A., & Puwanti, O. S. (2016). Hubungan antara Minat dan Persepsi Terhadap Motivasi Melanjutkan Ners pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sandra, R. (2018). Faktor-faktor Berhubungan dengan Motivasi Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan Ners Di STIKES Syedza Saintika Padang Tahun 2017. Health Care: Jurnal Kesehatan, 7(2), 22–29.
Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Silaban, R. Y., Bidjuni, H., & Hamel, R. (2016). Hubungan Motivasi Mahasiswa Program Sarjana Keperawatan Dengan Minat Melanjutkan Studi Profesi Ners Di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 4(1), 112094.
Wati, W. (2020). Hubungan Persepsi Mahasiswa Keperawatan Tentang Profesi Keperawatan Dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ners Pada Semester VIII Di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Universitas Muhammadiyah Lamongan.
WHO. (2020). WHO Director-General’s remarks at the media briefing on 2019-nCoV on 11 February 2020. Retrieved March 18, 2021, from https://www.who.int/director-general/speeches/detail/who-director-general-s-remarks-at-the-media-briefing-on-2019-ncov-on-11-february-2020