PEMBERDAYAAN SISWA MELALUI PERMAINAN PUBG’S (PAPAN EDUKASI BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI)

Main Article Content

Oktariyani Dasril
Eliza Trisnadewi
Annisa Novita Sary
Edison
Gusliani Eka Putri

Abstract

Latar Belakang: Sumatera Barat khususnya Kota Padang merupakan salah satu kota yang rawan terkena bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan longsor. Permasalahan yang dihadapi pada saat sekarang adalah kurangnya pengetahuan dan kepedulian remaja mengenai kondisi disekitar mereka. Remaja pada saat sekarang lebih cenderung sibuk dengan gadget masing-masing. Remaja diharapkan untuk memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dan dapat membantu tindakan peduli bencana nantinya serta siap-siaga dan tanggap bencana baik untuk diri sendiri maupun pertolongan pertama. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kepedulian remaja terhadap kondisi lingkungan dan daerah yang rawan terkena bencana dengan cara melakukan Pemberdayaan Siswa Melalui Permainan Papan Edukasi Bencana Gempa dan Tsunami PUBG’S di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 39 Padang.


Metode: Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan pemberian edukasi terkait mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami dengan metode permainan kepada siswa/siswi di SMP Negeri 39 Padang. Pelaksanaan kegiatan pada tanggal 21 Januari 2023, dengan memandu siswa/siswa untuk bermain dan diberikan edukasi melalui papan permainan PUBG’S berisi informasi tentang apa itu bencana dan bagaimana upaya mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami. Tahap evaluasi dilakukan dengan pemberian kuesioner pre test dan post test untuk mengukur pengetahuan sasaran terkait materi yang diberikan. Data dianalisis secara univariat untuk melihat gambaran rata-rata hasil pre dan post test dari permainan edukasi yang diberikan.


Hasil: Berdasarkan hasil evaluasi, terjadi peningkatan pengetahuan siswi mengenai pentingnya mitigasi bencana yaitu dari 8.35% menjadi 93.35%.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad Firjaun Faqih Aziz, C. A., & Lakoro, R. (2023). Perancangan Board Game Sebagai Media Pengenalan Mitigasi Bencana Banjir. 1(1).

Ansori, A. (2018). Pemakaian Media Flipchart Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Fiqih Kelas VII Di MTS Nu Mojosari Nganjuk. Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2020). Definisi Bencana - BNPB. In https://bnpb.Go.Id/Definisi-Bencana.

Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan. (2013). Riset Kesehatan Dasar 2013. Riset Kesehatan Dasar 2013.

Batubara, J. R. (2016). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatri. https://doi.org/10.14238/Sp12.1.2010.21-9

BKKBN. (2018). Laporan SDKI Tahun 2017. In BKKBN BPS KEMENKES RI.

BMKG. (2019). Data Online (Pusat Database BMKG). In Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika.

Dari, R. W., & Pujiastuti, D. (2021). Studi Bahaya Seismik Dengan Metode Probabilistic Seismic Hazard Analisys Di Kabupaten Mentawai. Jurnal Fisika Unand. https://doi.org/10.25077/Jfu.10.4.532-539.2021

Hana Salsabila, & Zikri Alhadi. (2022). Efektivitas Progam Kelurahan Tangguh Bencana Oleh Bpbd Kota Padang. Sosioedukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial. https://doi.org/10.36526/Sosioedukasi.V11i2.2074

Roedavan, R., Pudjoatmodjo, B., Siradj, Y., Salam, S., & Hardianti, B. Q. D. (2021). Serious Game Development Model Based On The Game-Based Learning Foundation. Journal Of IctResearch And Applications. https://doi.org/10.5614/Itbj.Ict.Res.Appl.2021.15.3.6

Sinanto, R. A., & Djannah, S. N. (2020). Dampak Kesehatan Kecanduan Permainan Pada Pemain Game Usia Muda: Tinjauan Sistematis:Jurnal Kesehatan/10.25077/jka.v6i3.730