EDUKASI TERAPI PROGRESSIVE MUSCLE RELAXATION (PMR) UNTUK MENGONTROL TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI

Main Article Content

Ria Desnita
Defrima Oka Surya
Gusti Prisda Yeni
Vonnica Amardya
Elsa Maiga

Abstract





Latar Belakang: Hipertensi merupakan masalah Kesehatan yang umum terjadi pada lansia. Prevalensi hipertensi meningkat seiring dengan pertambahan umur. Semakin bertambah umur, semakin beresiko seseorang terkena hipertensi. Kejadian hipertensi berdasarkan Riskesdas tahun 2018 paling tinggi terjadi pada kelompok usia lansia. Masalah yang umum terjadi pada lansia dengan hipertensi adalah tidak terkontrolnya tekanan darah dimana nilai tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan lansia tentang terapi Progressive muscle relaxation (PMR) untuk mengontrol tekanan darah.


Metode: Metode dilakukan dengan home visit dan memberikan edukasi dan pelatihan tentang terapi Progressive muscle relaxation. Kegiatan dilaksanakan di RW 09 Kelurahan Gunung Sarik pada 25-30 Juli 2022. Jumlah lansia yang diberikan edukasi adalah 8 orang.


Hasil: Hasil yang diperoleh adalah lansia mengetahui dan mampu melakukan terapi PMR untuk mengontrol tekanan darah. Setelah kegiatan pengabdian ini dilakukan, lansia diharapkan dapat menerapkan terapi PMR untuk mengontrol tekanan darah disamping menggunakan terapi farmakologis.





Article Details

Section
Articles

References

Desnita, R., Andika, M., Sugiharto, & Efendi, Z. (2020). Pemberdayaan Pasien dan Keluarga dalam Manajemen Diet Diabetes Melitus pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Padang. Jurnal Implementasi Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), pp. 52-57.
Efendi, Z., Afrizal, Musharyadi, F., Syahid, A., Surya, D. O., Guci, A., Adha, D. dan Anjeli. 2021. Pelatihan dan Pendampingan Akupresur Awam pada Keluarga Lansia dengan Hipertensi. Jurnal Abdi Mercusuar, 01(02), pp. 52–58.
Ferdisa, R. J., & Ernawati, E. (2021). Penurunan Nyeri Kepala Pada Pasien Hipertensi Menggunakan Terapi Relaksasi Otot Progresif. Ners Muda, 2(2), 47. https://doi.org/10.26714/nm.v2i2.6281
Kemenkes RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.
Nuwa, M. S. (2018). Modul Kombinasi Terapi Progressive Muscle Relaxation dengan Spiritual Guided Imagery and Music. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, January, 1–49.
Potter, Patricia A. (2006). Buku Ajar Fundamental Keperawatan Edisi 4 . Jakarta : EGC
Puspitosari, A., & Nurhidayah, N. (2022). Pengaruh Progressive Muscle Relaxation terhadap Tingkat Hipertensi pada Middle Adulthood di Desa Kemiri Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Indonesia, 2(2), pp. 1-5.
Purqoti, D. N. S., Rusiana, H. P., Okteviana, E., Prihatin, K., & Rispawati, B. H. (2021). Pengenalan Terapi Non Farmakologi Untuk Menurunkan Nyeri Kepala Pada Pasien Hipertensi. Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis, 2(2), 11–16. https://jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/JAKP/article/view/510
Sridhar, S. (2016). Whole health : Change the coversation advancing skills in the progressive muscle relaxation clinical tool. VHA Office of Patients Centered Care and Culture Transformation, 2-4.